Pintu Mobil Terkunci Sendiri? Berikut Penyebabnya


Pernahkah Anda mengalami pintu mobil terkunci sendiri padahal kunci masih tertinggal di dalam? Dalam kondisi tersebut, banyak orang mungkin akan panik dan berpikir untuk memecahkan kaca atau mencongkel list karet kaca.

Bagaimana tidak, semua barang penting termasuk kunci mobil itu sendiri masih tertinggal dalam mobil dan tak bisa diambil. Tentu sangat disayangkan jika Anda harus membuka pintu dengan cara merusak komponen mobil.

Oleh karena itu, Anda bisa mengantisipasi hal tersebut dengan mengetahui penyebabnya. Lantas, sebenarnya apa penyebab pintu mobil terkunci sendiri? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Kotoran pada Handle Menumpuk

Penyebab pertama pintu mobil terkunci dengan sendirinya juga bisa disebabkan oleh kotoran atau debu yang menempel pada handle mobil. Kondisi tersebut membuat komponen mesin menjadi aus dan berpengaruh buruk pada pintu.

Kotoran akan menyebabkan handle pintu menjadi seret, terlebih jika kotoran terkontainasi dengan udara yang bisa mengakibatkan munculnya karat. Akibatnya, pintu yang kita tutup akan menjadi sulit bahkan tidak bisa terbuka alias terkunci dengan sendirinya. Itulah sebabnya pintu menjadi sulit dibuka.

2. Pintu Pernah Terkena Benturan atau Penyok

Setiap pintu mobil dilengkapi dengan berbagai komponen yang bisa membuatnya membuka dan menutup. Selain itu, komponen tersebut juga berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan kaca jendela.

Mobil yang pernah mengalami kecelakaan dan penyok terutama di bagian pintu, akan berdampak pada kerusakan komponen. Salah satunya adalah pintu mobil yang mengunci sendiri. Benturan keras pada pintu mobil bisa mengubah posisi komponen-komponen, baik itu gigi penggerak, handle pintu yang tidak responsif, dan beberapa bagian penting lainnya.

 3. Penggerak Pintu Mobil Bermasalah

Pintu mobil memang cukup mudah dalam hal menutup dan terkadang sulit untuk dibuka. Selain karena tenaga yang digunakan untuk membuka lebih besar daripada menutup, terkadang ada beberapa faktor pemicunya, salah satunya masalah pada motor penggerak.

Setiap komponen pada mesin mobil memiliki masa pakai yang wajib diperhatikan dan diganti jika sudah waktunya. Apabila tidak diperiksa secara berkala, penggerak pintu mobil tidak berfungsi normal.

Motor penggerak pada pintu mobil yang kurang perawatan atau karena usia pemakaian yang telah lama bisa tiba-tiba menjadi seret dan juga berkarat. Sehingga pintu mobil pun akan usah dibuka bahkan dapat mengakibatkan pintu terkunci sendiri.

Demikian informasi seputar penyebab pintu mobil terkunci sendiri. Sebelum mengalami permasalahan yang sama pada mobil kesayanganmu seperti yang dialami Naufal Samudra dan Randy Pangalila, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan semua komponen bekerja dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar