5 Jenis Spoiler Mobil yang Wajib Diketahui


Jika kamu penggemar mobil balap, tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya spoiler. Kehadiran komponen mobil yang satu ini akan membuat tampilan mobil terlihat lebih sporty. Contohnya saja seperti mobil sport Nicola Reza Samudra dan Randy Pangalila.

Selain membuat tampilan mobil lebih keren, spoiler mobil juga memiliki pengaruh terhadap aerodinamika mobil, khususnya saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Akan tetapi, banyak yang tidak mengetahui bahwa spoiler mobil memiliki beberapa jenis. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di abwah ini yuk!

1. Front Spoiler

Sesuai namanya, front spoiler diletakkan di depan mobil tepatnya di bagian bumper. Tujuannya adalah agar bodi mobil semakin dekat dengan tanah sehingga memperkecil aliran udara dari bawah yang menyebabkan mobil melayang saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

Front spoiler berguna untuk mengimbangi spoiler belakang, agar keseimbangan mobil tetap stabil saat melaju kencang

2. Rear Spoiler

Rear spoiler atau spoiler belakang merupakan jenis spoiler yang paling sering kamu lihat berada di belakang bodi mobil. Spoiler mobil jenis ini biasa digunakan pada mobil sedan, mobil racing, hatchback, hingga supercar.

Pada mobil sedan dan mobil racing, spoiler dipasang di atas bagasi belakang mobil. Sementara itu, pada mobil hatchback, spoiler dipasang di atas kaca belakang.

3. Pedestal Spoiler

Pedestal spoiler banyak ditemukan pada mobil jenis hatchback. Memiliki bentuk yang pipih dan simpel, spoiler mobil jenis ini tidak hanya untuk mempercantik tampilan saja, tapi juga memiliki fungsi yang sama dengan spoiler lainnya.

Pedestal spoiler hadir dengan warna yang beragam, bisa sama dengan warna bodi mobil atau warna lain yang sesuai dengan seleramu, agar tampilan mobil terlihat lebih gahar.

4. Lip Spoiler

Jenis spoiler mobil yang satu ini umumnya dipasangkan pada mobil sedan dan hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan mobil saja. Pemasangan Lip Spoiler dapat dilakukan pada bodi mobil bagian belakang dan bumper depan.

Karena hanya untuk menambah estetika saja, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saat akan memasang Lip Spoiler.

5. Wing Spoiler

Wing spoiler adalah jenis spoiler yang umum dipakai pada mobil sport atau supercar. Bentuk spoiler jenis ini lebih besar dan terdapat ruang antara bodi mobil dengan spoiler yang memberikan tekanan lebih tinggi dibanding spoiler lainnya.

Pemasangan spoiler pada mobil sport bukan hanya berfungsi untuk memberikan tekanan saja, tapi juga mengalirkan udara yang masuk ke komponen-komponen yang mudah panas agar suhunya tetap terjaga.

Itulah tadi beberapa jenis spoiler mobil yang wajib kamu ketahui agar tak salah menggunakannya pada mobil kesayanganmu. Bagaimana, tertarik untuk memodifikasi spoiler mobil Anda agar terlihat lebih sporty?

Posting Komentar

0 Komentar