Kelebihan dan Kelemahan Mobil dengan Sliding Door


Teknologi otomotif saat ini sudah semakin canggih dan berkembang pesat. Tak hanya dari segi mesin saja, bagian sederhana pada mobil juga telah di-upgrade, salah satunya bagian pintu mobil.

Dulu kita hanya mengenal mobil dengan satu jenis pintu, yakni yang dibuka ke luar. Namun, saat ini banyak mobil keluaran terbaru yang telah mengadopsi mekanisme sliding door atau pintu geser, seperti mobil Elina Joerg, Nicola Reza Samudra, dan Randy Pangalila.

Sliding door adalah pintu mobil dengan sistem buka-tutupnya tidak ke luar, elainkan bergeser ke samping. Hal ini tentu akan memudahkan pemiliknya saat ingin masuk, terlebih saat hendak parkir di tempat yang minim ruang.

Bisa dikatakan, pintu geser menjadi solusi bagi mereka yang sering parkir di tempat sempit dan minim ruang. Tapi jangan sampai salah, kamu perlu melakukan perawatan khusus agar pintu tidak mudah rusak.

Sama seperti pintu mobil jenis lainnya, sliding door juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Kelebihan Sliding Door

Pintu model geser terdiri dari dua varian, yakni manual dan otomatis. Untuk sliding door manual, pengguna harus menarik dan mendorong sendiri. Sementara itu, pintu geser otomatis atau elektrik, cara pengoperasiannya hanya dengan menyentuh tombol dan pintu secara otomatis akan terbuka dan tertutup.

Kemunculan sliding door ini tentunya sangat mempermudah pengguna mobil ketika parkir. Keunggulan lainnya adalah pintu lebih gampang tertutup rapat. Pada pintu biasa yang menyamping, kadang perlu agak dibanting dan ditutup ulang karena kurang kencang.

Untuk mobil kelas menengah atas, pabrikan mobil juga telah melengkapi pintu geser dengan sensor keselamatan. Sensor inilah yang akan bekerja sebagai penahan pintu yang akan menutup ketika ada benda, atau apapun yang menghalangi tertutupnya pintu. Dengan demikian, risiko terjepit pintu pun akan semakin minim.

Kelemahan Sliding Door

Jika pada pintu biasa hanya membutuhkan engsel dan kunci pengait, pintu geser atau sliding door membutuhkan rel dan penyangga. Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh para pemilik mobil. Bagian bearing seringkali tidak terlumasi dan bagian rel berkarat lantaran tidak pernah diperiksa. Kondisi tersebut akan berdampak buruk dan menyebabkan pintu menjadi macet saat dibuka.

Kelemahan lainnya yang ditumbulkan dari kurangnya perawatan adalah kerusakan sensor keselamatan di pintu geser mobil menengah bawah. Para pengguna harus lebih ekstra hati-hati jangan sampai pintu secara tiba-tiba tertutup dan menjepit anggota tubuh.

Itulah tadi penjelasan tentang kelebihan dan kelemahan sliding door pada mobil. Jika Anda salah satu pengguna mobil dengan konsep pintu geser, sebaiknya lakukan perawatan khusus untuk menghindari segala risiko kerusakannya ya!

Posting Komentar

0 Komentar