Ciri-ciri Mobil Sudah Pernah Turun Mesin yang Harus Diketahui


Mencari mobil bekas dengan harga miring memang kerap menjadi pilihan bagi sebagian orang. Namun, kamu harus ekstra hati-hati dan teliti agar tidak kecewa di kemudian hari.

Salah satu hal penting yang perlu diketahui adalah apakah mobil pernah mengalami turun mesin atau tidak. Pasalnya, mobil yang sudah pernah turun mesin artinya pernah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Berikut dijelaskan beberapa tanda yang bisa diketahui untuk mengenali mobil sudah pernah turun mesin atau belum. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Terdapat Goresan di Lubang Baut Blok Mesin

Untuk memastikan mobil pernah turun mesin, kamu dapat mengecek bagian baut blok mesin. Jika terdapat goresan kecil, besar kemungkinan mobil pernah turun mesin. Goresan tersebut muncul karena mekanik bengkel membuka seluruh baut.

2. Terdapat Segel Mesin Baru

Ciri berikutnya yang dapat dilihat adalah penggunaan segel atau seal silikon pada mesin mobil. Sebab, mesin mobil yang belum pernah turun mesin tidak akan menggunakan seal silikon.

Proses perakitan dan penyatuan seluruh komponen mobil umumnya dilakukan secara otomatis dengan bantuan robot canggih. Sehingga, jika Anda menemukan seal silicon, ini menjadi pertanda mobil pernah dibongkar dan dirakit kembali.

Seal silikon terbuat dari material cair yang lama-kelamaan mengeras menjadi semacam karet. Bekas seal ini akan mudah dikenali karena memang terlihat berbeda dari komponen lain dalam mesin mobil.

3. Ruang Mesin Bersih

Ketika melihat kondisi mesin mobil sangat mulus dan bersih padahal usianya sudah cukup tua, bisa jadi kondisi tersebut lantaran mobil sudah pernah turun mesin. Sebab, saat turun mesin seluruh komponennya akan diangkat dan diperbaiki.

Saat diperbaiki, ruang mesin juga akan dibersihkan. Sehingga, jika Anda menemukan mobil bekas dengan kondisi demikian, ini menjadi hal yang patut dipertanyakan.

4. Suara Mesin Berubah

Mobil yang sudah pernah mengalami turun mesin juga bisa terlihat dari suaranya. Kamu bisa mengajak mekanik berpengalaman untuk membedakan suara mesin normal dan yang sudah pernah mengalami turun mesin.

5. Performa Mesin Berubah

Selain suara, pertanda mobil mengalami turun mesin adalah performa mesin. Jika mobil bekas yang Anda beli berusia lebih dari lima tahun tapi performanya seperti baru, patut dicurigai pernah turun mesin.

Jika mobil bekas yang Anda beli telah berusia lebih dari lima tahun namun memiliki performa seperti mobil baru, bisa dipastikan jika mesinnya sudah pernah turun mesin. Oleh sebab itu, pastikan Anda melakukan test drive terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian

Itulah tadi beberapa ciri-ciri mobil yang sudah pernah turun mesin. Tips ini juga banyak dilakukan oleh artis tanah air seperti Sonia Alyssa dan Cinta Laura saat mempertimbangkan membeli mobil baru.

Posting Komentar

0 Komentar