Khawatir Ban Mobil Meledak Saat di Jalan? Berikut Cara Mencegahnya


Penggunaan mobil telah menjadi pilihan banyak orang sebagai sarana transportasi sehari-hari banyak orang. Contohnya saja seperti beberapa artis tanah air Sonia Alyssa, Randy Martin, dan Randy Pangalila yang harus wara wiri karena kesibukannya.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan secara khusus pada mobil ialah bagian ban nya. Ban mobil meledak saat dijalan memang kerap menjadi ketakutan terbesar bagi para pengemudi. Hal ini tentu akan sangat berbahaya, karena mobil akan sulit untuk dikendalikan dan berpotensi mengundang celaka.

Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk memastikan kondisi ban mobil sebelum bepergian, khususnya saat akan melakukan perjalanan jauh untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya celaka.

Namun nyatanya, banyak pengemudi yang tak paham tentang cara mengantisipasi agar ban mobil yang digunakan selalu dalam kondisi baik.

Namun tenang saja, memastikan ban mobil sebelum berkendara bukanlah hal yang sulit. Berikut ini adalah beberapa tips mencegah ban mobil meledak saat di jalan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Cek kondisi Luar Ban Mobil

Benturan keras dari benda tajam akan membuat struktur ban berubah dan membuat rawan meledak. Pastikan ban modil Anda dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan apapun. Tujuannya ialah untuk memastikan kondisi fisik ban mobil dalam kondisi masih layak untuk digunakan.

Jika Anda menemukan benjolan atau luka di permukaan ban, disarankan untuk segera mengganti ban. Kondisi benjolan pada ban menjadiindikasi bahwa telah terjadi kerusakan pada konstruksi anyaman kawat bajanya, sehingga sangat tidak layak dan berbahaya untuk digunakan.

2. Cek Tekanan Angin Ban Secara Berkala

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan megecek tekanan angin secara berkala. Saat tekanan angin kurang dari yang semestinya, maka besar kemungkinan dinding ban akan terlipat saat mobil melakukan manuver, seperti menikung misalnya. Hal itu akan berpotensi membuat dinding ban koyak dan meledak sewaktu-waktu.

3. Hindari Berkendara dengan Beban Berlebih

Mobil yang kerap digunakan dengan kondisi beban berlebih bukan hanya berdampak pada kemampuan rem dan handling saja, tapi juga kinerja dan usia komponennya. Salah satu dampak negatifnya ialah kondisi ban yang akan mengalami kerusakan.

Untuk itu, sebaiknya berkendaralah dengan bijak dan perhatikan muatan atau jumlah penumpang dalam mobil Anda.

4. hindari Jalanan Buruk

Permukaan jalan yang buruk juga berpotensi merusak ban mobil Anda. Contohnya saja seperti lubang besar di jalan, yang dapat langsung merusak permukaan ban dan velg mobil terlebih lagi jika diterjang dengan kecepatan tinggi.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari jalanan buruk dan mengatur kembali rute perjalanan Anda.

Itulah tadi informasi seputar cara mencegah ban mobil meledak saat di jalan yang harus diketahui para pengendara. Perhatikan selalu kondisi mobil Anda sebelum melakukan perjalanan guna memastikan keamanannya!

Posting Komentar

0 Komentar