Ticker

6/recent/ticker-posts

Kelebihan dan Kekurangan Velg Racing dan Jari jari Pada Sepeda Motor



Bagian terpenting dari sebuah kendaraan agar dapat berjalan adalah bagian roda. Bagian roda ini terdiri atas ban yang menapak langsung ke aspal jalan, dan velg yang berfungsi sebagai tempat dudukan atau tempat menempelnya ban.

Saat ini, sudah banyak pengguna sepeda motor yang melakukan modifikasi pada motornya. Ada yang lebih memilih untuk menggunakan velg racing dan ada juga yang lebih memilih untuk menggunakan velg jari-jari. Pilihan penggunaan velg tentunya didasari dengan selera masing-masing pemiliknya. Tentunya, apapun pilihannya. Masing-masing jenis velg ini memiliki ciri khas serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

1. Velg Spoke Wheel/Jari-jari

Velg yang biasanya digunakan pabrik dan ngetrend pada tahun 2009-an ini, memiliki bagian utama agar bisa digunakan. Bagian utama agar bisa digunakan diantarnya yaitu, velg, jari-jari dan tromol. Walau ngetrend pada tahun 2009, velg jenis ini masih banyak digunakan hingga saat ini. Banyak motor keluaran terbaru seperti Kawasaki KLX, Honda CRF, Yamaha WR 155, dan masih banyak lagi yang masih menggunakan velg spoke wheel ini.

Bukan hanya sekedar gaya, banyak pengguna sepeda motor yang lebih memilih velg jenis ini karena daya tahannya yang kuat saat digunakan melintasi jalan yang berat. Selain kuat, velg ini juga memiliki bobot yang lebih ringan dari velg racing. Selain itu, velg jenis ini juga mudah diperbaiki dan distel jerujinya bila bengkok.

Namun, velg jenis ini tidak bisa begitu saja dipasangkan ban tubeless. Perlu beberapa modifikasi terlebih dahulu agar bisa dipasang. Beberapa pengguna velg ini juga berpendapat bahwa velg jari-jari cukup merepotkan saat hendak mencucinya, dibutuhkan kesabaran untuk membersihkan satu persatu jari-jari yang ada. Selain itu, penopangnya yang hanya terdiri dari jari-jari membuat velg ini kurang cocok digunakan pada kecepatan tinggi.

* Kelebihan Velg Jari-jari/Spoke Wheel :

- Bobot lebih ringan

- Daya tahan di medan berat

- Harga yang ekonomis

-Bisa disetel ulang jika terjadi kerusakan, misalnya bengkok.

* Kekurangan Velg Jari-jari/Spoke Wheel :

- Kurang rigid (kaku) handling menurun

- Nggak bisa langsung dipasang ban tubeless

- Biaya perawatan yang mahal. Misalnya, press, stell jari-jari dan lain-lain.

- Rawan karat pada bagian jari-jari

2. Velg Cast Wheel/Velg Racing

Velg yang banyak digunakan bahkan hampir diseluruh pabrikan motor ini sering, digunakan karena praktis dalam perawatan dan produksinya yang tidak se-repot velg jari-jari. Bagian bearing yang ada pada velg ini tidak mudah aus dan lebih awet. Selain itu, velg jenis ini juga lebih stabil jika digunakan dijalan yang berat.

Dengan tampilan yang keren dan mudah untuk dibersihkan maka tak heran jika banyak pengguna sepeda motor yang lebih memilih untuk menggunakan velg jenis ini. Selain itu, velg dengan jenis ini bisa langsung dipasangkan ban tubeless tanpa perlu modifikasi terlebih dahulu.

Namun, velg racing biasanya memiliki harga yang lumayan cukup mahal. Karena bentuknya yang rigid alias kaku membuat velg jenis ini masih dibawah velg jari-jari dari segi kekuatan. Selain itu, velg racing juga memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan velg jari-jari.

Kelebihan Velg Racing/Cast Wheel :

- Bisa langsung dipasang ban tubeless

- Memiliki kestabilan yang bagus

- Praktis dalam pemasangan

- Lebih mudah dalam perawatan

-Tampilannya yang lebih keren

Kekurangan Velg Racing/Cast Wheel :

- Harga lebih mahal

- Bobot lebih berat

- Daya tahan relative lebih rendah

Setelah membaca pemaparan diatas, velg jenis apakah yang kamu pilih untuk digunakan pada sepeda motor kesayangan mu?

Posting Komentar

0 Komentar