Ticker

6/recent/ticker-posts

Lebih Baik Mana: Motor matic Atau Motor Manual ?



Sarana transpormasi merupakan kebutuhan utama saat ini, banyak pabrikan motor baru yang bermunculan dan menawarkan inovasi-inovasi pada produk mereka. Hal ini bertujuan agar motor keluaran baru hasil ciptaannya dapat bersaing dengan kompetitor.  Termasuk juga kehadiran tipe motor matic dan motor manual.

 Namun, tahukah kamu apa perbedaan motor matic dan motor manual ? Tentu kamu perlu tahu perbedaan diantara kedua tipe motor ini agar memudahkan mu dalam menentukan tipe motor apa yang ingin kamu miliki.

1. Perbedaan Bodi

Perbedaan mencolok yang dapat kita lihat diantara kedua motor ini terletak pada bodinya. Motor matic, memiliki dimensi lebih kecil jika dibandingkan dengan motor manual. Hal ini tentu berpengaruh terhadap bobot kendaraan, maka tidak heran jika para kaum perempuan lebih memilih untuk menggunakan tipe motor matic ini.

2. Perbedaan Transmisi

Sesuai dengan namanya, motor manual berarti pengendara harus mengoper gigi secara manual. Sedangkan motor matic, transmisinya adalah otomatis. Sehingga anda tidak usah lagi repot memikirkan mengoper gigi, pada motor matic cukup hanya tuas gas dan rem untuk mengendarainya. Hal ini disebabkan oleh perbedaan sistem penggerak roda yang bernama Continuously Variable Transmission (CVT).

Perbedaan yang ada, tentu akan berpengaruh pada performa masing-masing tipe motor dalam melewati medan tertentu.

3. Perbedaan Pengereman

Baik pada motor matic maupun motor manual,sama-sama menggunakan  rem depan dan rem belakang. Bedanya, motor manual bisa menggunakan “engine brake” atau menurunkan kecepatan dengan menurunkan gigi. Sistem “engine brake” ini tentu akan sangat membantu sistem pengereman, maka dalam hal keamanan. Motor manual cenderung lebih aman.

4. Perbedaan Biaya Perawatan

Motor matic memiliki komposisi mesin yang tertutup jika dibandingkan dengan manual, dengan demikian dana perawatannya juga akan lebih mahal. Selain itu, jika dibandingkan dengan motor manual, motor matic lebih sulit untuk dideteksi kerusakannya.

5. Perbedaan Konsumsi BBM

Motor matic dengan transmisinya yang otomatis, sehingga kerja mesin seperti dipaksakan menjadikan motor tipe ini cenderung lebih boros jika dibandingkan dengan motor manual.

6. Perbedaan Harga

Motor manual dibandrol dengan harga yang lebih murah. Pasalnya, dengan spesifikasi yang sama anda dapat membeli motor manual dengan harga yang lebih murah dari motor matic.

7. Penggerak Roda

Perbedaan cara menyalurkan tenaga dari mesin ke roda atau penggerak roda berbeda antara motor matic dengan motor manual. Jika motor manual menggunakan rantai sebagai penggerak roda, maka motor matic menggunakan belt atau CVT.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic

* Kelebihan Motor Matic

1. Mudah untuk dioperasikan.

2. Kapasitas bagasi angkut barang yang besar

3. Lincah dan gesit di jalan.

4. Kenyamanan berkendara.

* Kekurangan Motor Matic

1. Boros bahan bakar (BBM)

2. Tidak bisa menandingi kecepatan motor manual.

3. Kurang nyaman digunakan pada jalan yang tidak rata.

4. Suspensi tidak mendukung untuk beban berat.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Manual

* Kelebihan Motor Manual

1. Hemat bahan bakar (BBM).

2. Handling yang terasa nyaman.

3. Akselerasi dan kecepatan.

4. Lebih mudah dirawat.

5. Sistem pengereman lebih aman.

* Kekurangan Motor manual

1. Sulit digunakan oleh pemula.

2. Minumnya bagasi untuk barang.

3. Kurang lincah dijalan padat.

4. Kurang nyaman dikendarai.

Jadikan semua perbedaan yang ada sebagai bahan pertimbangan anda dalam memilih tipe motor apa yang akan anda gunakan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan medan yang akan ditempuh oleh motor.

Posting Komentar

0 Komentar