Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mengatasi Ban Bocor Halus Ditengah Jalan Yang Jauh Dari Tambal Ban.

 



Ban yang tiba-tiba bocor tentu akan mengganggu perjalanan. Apalagi, seperti yang kita ketahui. Ban adalah satu-satunya bagian dari kendaraan yang langsung bersentuhan dengan  jalan. Ban merupakan bagian penting yang tidak boleh disepelekan keadaannya. Namun, terkadang pengemudi tidak mengetahui adanya bocor halus pada ban kendaraan yang sedang ia kendarai.

Hal ini terjadi karena bocor halus pada ban susah untuk dideteksi, bahkan tak jarang ban yang bocor halus baru dapat diketahui setelah berhari-hari dan sudah terlanjur kempes total.

Penyebab Kebocoran Pada Ban

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kebocoran halus pada ban kendaraan. Namun biasanya, faktor utama yang menjadi penyebab ban bocor adalah kondisi ban yang sudah tidak bagus.

·         Ban Tipis dan Benda Tajam

Kendaraan yang digunakan setiap hari, dapat mengakibatkan penipisan dan penggundulan pada permukaan ban. Permukaan ban yang tipis dan gundul akan lebih mudah bocor dan sobek jika digunakan untuk melintasi jalan yang tidak rata, berkerikil, hingga jika terkena benturan pada benda keras dan tajam lainnya.

Demikian juga saat digunakan dalam kecepatan yang tinggi di jalan bebatuan hingga tanpa disadari ban terkena serpihan kaca, paku, dan benda tajam semacamnya. Hal tersebut juga dapat memicu terjadinya bocor halus pada ban. Bahkan, kondisi terburuk yang bisa terjadi adalah ban pecah saat jalan sedang terjal.  

·         Kondisi velg

Velg yang terpasang melekat pada ban memegang peranan penting sebagai kerangkanya. Kondisi velg yang telah penyok atau bengkok dapat memicu munculnya ruang kosong/rongga disekitar ban. Hal ini dapat menyebabkan tekanan angin didalam ban berkurang dan terus keluar.

·         Pentil yang Bermasalah

Kondisi pentil yang sudah longgar juga seringkali menjadi penyebab utama bocor halus pada ban. Untuk mengatasinya, anda dapat segera membawa kendaraan anda pada bengkel terdekat atau membawa alat pengganti pentil sendiri.

·         Adanya Riwayat Tambalan

Ban yang telah memiliki riwayat tambahan sebelumnya akan lebih berpotensi untuk mengalami bocor halus. Biasanya, hal tersebut terjadi karena tambalan ban yang dikerjakan oleh montir kurang rapi atau kurang kuat.

·         Ban Aus dan Gundul

Ban yang telah aus dan gundul hingga serat baja dan benangnya keluar, dapat menyebabkan bocor halus pada ban. Hal ini karena, serat yang keluar dari permukaan ban tersebut dapat menusuk bagian dalam ban.

Hal yang harus dilakukan ketika ban bocor

1.       Kurangi kecepatan laju kendaraanmu.

2.       Jangan paksakan melaju.

3.       Hindari arus padat lalu lintas.

4.       Jika bisa, carilah penyebab kebocoran.

5.       Dorong motor ke tukang tambal ban terdekat.

Cara mengantisipasi kebocoran

1.       Gantilah ban luar jika sudah mencapai limit pemakaian

2.       Ban dalam yang telah lama dan memiliki banyak bekas tambalan sebaiknya diganti baru.

3.       Perhatikan tekanan angin pada ban.

4.       Perhatikan posisi pentil.

5.       Tutup pentil dengan erat.

Itulah penyebab dan cara mengatasi ban bocor halus pada kendaraan, semoga dapat menjadi panduan anda. Seperti kata pepatah, “Lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Selalu periksa keadaan ban kendaraan sebelum pergi beraktivitas.

Posting Komentar

0 Komentar