Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Alasan Memilih Ban Tubeless Daripada Ban Biasa (Tubetype) Pada Motor.



Hai sobat blog…

Ban merupakan satu-satunya komponen pada sepeda motor yang langsung bersentuhan dengan aspal. Oleh karena itu, menunda pergantian ban sepeda motor dapat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan pemiliknya. Meskipun semua ban memiliki bentuk yang sama, rupanya ban memiliki karakter yang berbeda-beda.

 Zaman sekarang, sudah banyak pilihan merk dan tipe ban motor yang masing-masing memiliki karakter dan kelebihannya sendiri. Misalnya, ban motor biasa (tubetype) dan ban motor tubeless. Ban motor biasa (tubetype) adalah ban yang menggunakan ban dalam. Sedangkan, ban tubeless adalah ban yang tidak menggunkan ban dalam dan menggantinya dengan dalaman yang disebut dengan inner.

 Akhir-akhir ini, banyak pemilik sepeda motor yang mengganti ban biasa miliknya menjadi ban tubeless. Pasalnya, ban tubeless dianggap memiliki kelebihan saat melintasi ‘ranjau’ paku dan sebagainya. Sehingga tidak mudah kempes dan masih dapat digunakan.

Beberapa keunggulan ban tubeless dibandingkan ban biasa (tubetype) :

1. Daya Tahan Ban Lebih Kuat

Ban tubeless menggunakan inner yang merekat padat bagian ban dengan pelek, sehingga dapat menahan tekanan udara dari dalam yang menyebabkan tekanan angin pada ban tidak berkurang meski sudah lama. Jika sobat menggunakan ban tubeless, maka sobat tidak lagi memerlukan ban dalam yang akan langsung sobek atau bolong jika tertusuk oleh benda tajam saat berkendara.

2. Praktis Tanpa Ban Dalam

Membeli ban tubeless jelas lebih praktis, karena anda tidak perlu lagi membeli tambahan ban dalam yang cocok dengan ukuran ban luar dan velg yang anda miliki. Ban tubeless telah tersedia dengan ukuran yang sesuai dengan velg motor sehingga praktis dan tinggal dipasang.

3. Lebih Baik Dalam Bermanuver

Bentuknya yang solid dan stabil menjadikan ban tubeless memiliki daya cengkram yang baik terhadap jalan. Kelebihan inilah yang menjadikan ban tubeless menjadi pilihan penggunaan ban dalam berbagai ajang balap.

4. lebih Nyaman Saat Menikung

Karena teksturnya yang keras, menjadikan ban tubeless lebih stabil dalam mencengkram aspal. Jadi, ketika sobat ingin menikung dalam kecepatan tinggi. Ban ini mampu lebih menggit aspal dibandingkan ban biasa (tubetype).

5. Lebih Awet

Durasi ban tubeless terbilang jauh lebih awet dibandingkan ban biasa (tubetype), bahkan pemakaiannya bisa sampai tahunan. Kebanyakan ban tubeless menggunakan tipe mid-coumpound yang membuat ban ini lebih keras dan awet meski sering digunakan untuk melintasi aspal yang panas.

6. Aman Saat Hujan

Dengan desain alur yang lebih dalam dan variatif, membuat ban ini mampu membelah genangan air saat sedang hujan. Selain itu, karena teksturnya yang keras dan bentuknya yang solid. Menjadikan Ban ini memiliki kemampuan mencengkram aspal yang baik walau dalam keadaan basah dan licin.

Bagaimana sobat ? Setelah membaca semua penjelasan tentang ban tubeless, tertarik untuk menggunakannya ?

Posting Komentar

0 Komentar