Ticker

6/recent/ticker-posts

Perhatikan Hal Ini Ketika Ingin Membeli Sepeda Motor Bekas



Hai sobat blog…

Siapa nih, yang rencananya ingin membeli sepeda motor baru tapi ternyata uangnya kurang ?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas hal-hal apa saja yang harus kita perhatikan ketika ingin membeli sepeda motor bekas. Jadi, untuk sobat yang ingin punya sepeda motor tapi terkendala dalam dana. Mungkin sepeda motor bekas dapat jadi solusi yang tepat.

Kini, sepeda motor bekas menjadi incaran banyak orang karena harganya yang relative lebih murah. Namun, banyak yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Karena, para sobat tidak tahu apa yang telah terjadi sebelumnya dengan sepeda motor tersebut.  Maka dari itu, para sobat tidak boleh terburu-buru dalam memilihnya.

Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam memilih sepeda motor bekas yang tepat. Meski tidak semahal sepeda motor yang baru, tetapi jumlah uang yang kita keluarkan untuk membelinya tetaplah besar. Jadi, jangan sampai kecewa karena tidak teliti dalam memilihnya ya sobat.

Beberapa hal yang harus sobat perhatikan ketika hendak membeli motor bekas :

1. Tentukan Motor Apa Yang Ingin Sobat Beli.

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah memilih motor apa yang ingin sobat miliki. Hal ini, berfungsi agar sobat tidak merasa bingung ketika sampai di tempat penjual motor bekas. Memilih motor yang tepat dapat dilihat dari kebutuhan sobat. Misalnya, seberapa jarak tempuh yang akan dilalui motor setiap hari. Jika ingin menggunakannya dalam jarak jauh, sobat bisa memilih sepeda motor dengan cc yang besar. Selain itu, sobat harus menentukan jenis motor apa yang nyaman untuk sobat gunakan dalam jangka panjang. Misalnya, matic, bebek atau skutik.

2. Lakukan Riset Tentang Kendaraan Yang Akan Dibeli.

Riset yang dapat sobat lakukan meliputi harga pasaran motor yang ingin dibeli. Apalagi, setiap tipe dan kondisi motor memiliki harga yang berbeda. Anda dapat mencari tahu tentang harga motor ini melalui kerabat, media sosial atau media lainnya.

3. Kondisi Rangka Motor

Pastikan kondisi rangka motor lengkap, tidak berkarat apalagi keropos. Bagian terpenting yang harus sobat perhatikan adalah steering steel. Karena, steering steel yang berkarat dapat membahayakan penggunanya.

4. Kondisi Mesin

Minta pemilik motor untuk mengujinya dengan berjalan beberapa meter. Motor yang tidak sehat, akan mengeluarkan suara yang tidak wajar. Untuk sobat yang awam dalam mesin, sobat dapat mengajak seorang mekanik untuk mengeceknya.

5. Cek kelengkapan Dokumen Kendaraan

Sobat wajib melakukan pengecekan pada dokumen kendaraan. Seperti, STNK dan BPKB. Motor yang tidak sesuai dokumennya, dapat menurunkan harganya, melanggar peraturan dan tak dapat diperpanjang pajaknya.

6. Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Sebaiknya sobat menghindari pembelian motor yang berbeda nomor rangka dengan nomor mesinnya. Karena, bisa jadi motor tersebut adalah motor curian. Jika sudah cocok, sobat tetap perlu memperhatikannya lagi. Apakah nomor tersebut asli keluaran pabrik, atau sudah diubah oleh penjualnya.

Jadi bagaimana sobat ? Sudah mengerti bukan apa saja yang harus sobat perhatikan ? Sekali lagi jangan terburu-buru dalam memilihnya ya sobat. Jangan hanya karena harga murah, sobat jadi tergiur untuk memilikinya.

 

Posting Komentar

0 Komentar