Ticker

6/recent/ticker-posts

Alasan Matic Zaman Now Tidak Menggunakan Kick Starter



Hai sobat blog...

Pasti banyak nih, diantara sobat blog yang penasaran mengapa kick stater atau lebih sering kita dengar dengan sebutan engkol ini ditiadakan fiturnya pada pada motor matic. Pada umumnya, menghidupkan motor. Dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu kick starter (manual) dan menekan tombol electrik starter.

Pada motormatic, fitur kick starter biasa berada disebelah kiri mengikuti letak CVT. Namun, pada motor bebek atau sport fitur kick starter ini berada disebelah kanan. Pada umumnya, kebanyakan orang akan menggunakan tombol elektrik starter saat hendak menghidupkan motor matic miliknya. Akan tetapi, tombol elektrik starter pada motor hanya dapat berfungsi saat baterai atau aki dalam keadaan yang sehat.

Dan saat baterai atau aki pada kendaraan dalam keadaan tidak sehat, maka tombol electrik starter tidak dapat digunakan. Saat inilah, peran fitur kick starter sangat diperlukan. Selain itu, banyak orang yang beranggapan menghidupkan mesin menggunakan fitur kick starter ini dapat membuat baterai atau aki pada kendaraan lebih tahan lama.

Namun, tahukah sobat bahwa saat ini telah banyak pabrik motor yang telah menghilangkan fitur kick starter ini ? Fitur kick starter ini tidak hanya ditiadakan pada motor matic. Di beberapa tipe motor lain pun mengalami hal yang serupa.

Lantas, apa sebenarnya yang menjadi alasan fitur kick starter ini ditiadakan ?

Menurut Technical Service Devision Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno, dari hasil survei. Kebanyakan pengguna kendaraan bermotor tidak menggunakan starter, dan ada juga beberapa pengguna sepeda motor yang lebih memilih untuk melepas fitur kick starter dari motornya.

Endro Sutarno juga menjelaskan jika motor mengalami masalah kelistrikan, beberapa tipe motor sudah menggunakan indikator baterai atau voltmeter. Sehingga apabila baterai sudah mulai melemah, dapat diketahui oleh pemilik sepeda motor.

“Misal, Honda Vario keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur tersebut,” Ucap Endro.

Jika motor telah menunjukkan indikasi baterai melemah, maka para pengguna sepeda motor dihimbau segera berkonsultasi ke bengkel. “Sudah banyak konsumen yang rajin ke AHASS, sehingga kalau ada indikasi baterai melemah, mekanik akan segera menginformasikannya kepada pemilik kendaraan.” Ujarnya.

Untuk memanaskan kendaraan pada pagi hari, Endro mengatakan kepada pengguna sepeda motor injeksi teknologi seperti sekarang. Cukup menggunakan tombol electrik starter. Endro juga mengatakan bahwa memanaskan motor tidak membutuhkan waktu yang lama.

“Untuk motor injeksi, waktu pemanasannya cukup satu menit saja. Biarkan stasioner. ”  Tambahnya. Ketika kondisi mesin telah panas dan sirkulasi didalamnya baik, maka kendaraan siap digunakan untuk menempuh perjalanan.

Bagaimana sobat blog ? Apakah anda setuju dengan kebijakan baru tentang sepeda motor injeksi ini ?

 

Posting Komentar

0 Komentar