Ticker

6/recent/ticker-posts

Inovasi-inovasi Kocak pada Otomotif Ini Bikin Tepuk Jidat

 


Kecerdasan manusia memang sangatlah menakjubkan, berbagai teknologi telah berhasil diciptakan. Tak hanya yang berpendidikan tinggi, tak jarang juga orang yang mungkin pendidikannya biasa saja mampu menciptakan inovasi teknologi. Baik teknologi yang baru maupun teknologi yang telah ada .

Tentu, inovasi-inovasi baru ini dapat mempermudah segala urusan kita. Namun tak jarang juga teknologi-teknologi tersebut terlihat kocak dan membuat kita ingin tepuk jidat.

Contoh inovasi kocak pada otomotif sering sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam memperbaiki kendaraan biasanya montir membutuhkan suku cadang baru sebagai pengganti suku cadang yang telah rusak. Namun terkadang, jika keberadaan suku cabang tersebut kosong maka para montir sering sekali mengakalinya dengan berbagai macam cara.

Salah satunya, ialah menggantinyua dengan suku cadang kendaraan lain yang memang cocok dan dapat digunakan. Namun, jika masih tidak ada yang cocok maka para montir akan membuat sendiri tiruannya. Tak jarang para montir menggunakan barang tak lazim untuk membuat tiruan suku cabang yang kosong.

Akan tetapi, inovasi ini tentu memiliki resiko tersendiri. Mengingat kendaraan berurusan dengan keselamatan pengendara dan penumpangnya, maka para montir harus betul-betul memikirkan keamanannya.

Walaupun kreatif, inovasi-inovasi kocak ini tentu ada yang tidak aman. Selain itu, saat melihat inovasi tersebut. Kita jadi ingin tepuk jidat.

1. Tutup oli yang diganti dengan keran air.

Walaupun dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan, mengganti tutup oli (dipsti) dengan benda tak lazim tentu tidak terjamin keamanannya. Selain itu, oli juga merupakan bagian penting dari sebuah kendaraan. Oli yang bocor dapat membahayakan pemiliknya.

2. Memaksakan velg yang tidak cocok hingga dilas.

Tak sedikit pengendara yang mengalami kerusakan pada bagian roda, walaupun inovasi teknologi otomotif yang satu ini dapat berfungsi dengan semestinya. Namun, teknologi ini tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tekanan udara yang ada pada ban dapat bocor dan berkurang sehingga membuat ban pecah.

Selain itu, ban adalah satu-satunya benda yang menempel pada jalan. Untuk itu, sebaiknya jangan kompromi karena ini adalah soal keamanan bagi pengendara dan penumpang.

3. Mengganti kampas rem dengan kayu.

Kampas rem merupakan satu komponen penting dalam pengereman. Kampas rem terbuat dari berbagai bahan yang telah diriset dan diproduksi sebagai kampas. Kampas renm ini sendiri ada yang terbuat dari Bahan asbes, dan ada yang terbuat dari bahan material gips.

Sebagai komponen penting, rem harus mampu menahan panas dari gesekan cakram maupun dinding tromol. Karena rem adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi kendaraan, maka tidak boleh ada alasan irit dengan komponen yang satu ini.

Bagaimana, ingin mencoba inovasi-inovasi teknologi yang kocak ini ? Karena keamanannya yang belum terjamin, tentu kami tidak menyarankan anda untuk mencobanya.

Posting Komentar

0 Komentar