Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mudah Merawat Cat Mobil Gampang Tidak Perlu Ke Bengkel

Menjaga keutuhan cat mobil bukan lah perkara mudah. Terkadang sebagian orang menyepelekan perawatan bagian luar mobil, termasuk cara merawat cat mobil. Tidak sedikit juga orang yang mengeluarkan biaya besar untuk merawat cat mobil mereka dengan membawa ke bengkel khusus perawatan eksterior. Tujuannya supaya warna cat mobil terawat.

Tips Merawat Cat Mobil

Beberapa cara merawat cat mobil agar tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk perawatannya. Berikut beberapa cara merawat cat mobil terbaik yang perlu kamu ketahui.

1. Hindari Memarkir Mobil di Tempat yang Terlalu Panas

Cara merawat cat mobil yang pertama adalah dengan tidak memarkirkan mobil di tempat yang terlalu panas. Ini adalah hal yang salah dan paling sering dilakukan ketika parkir disuatu tempat. Parkirkan mobil di tempat yang teduh atau setidaknya di bawah pohon.

Memarkirkan mobil langsung di bawah sinar matahari akan mengakibatkan lapisan cat mobil terlihat kusam dan memudar jika terlalu sering terpapar sinar matahari.

sinar ultraviolet pada sinar matahari dapat mengubah komposisi lapisan warna cat mobil. Apalagi jika bahan mobil terbuat dari seng, akan menambah panas pada bodi mobil.

2. Gunakan Sabun Pembersih Khusus saat Mencuci

Cara merawat cat mobil yang kedua yaitu dengan menggunakan sabun pembersih khusus mobil untuk mencuci bagian luar mobil. Deterjen, sabun colek, atau sabun mandi sangat tidak disarankan untuk digunakan mencuci mobil, karena bisa membuat warna cat mobil menjadi mudah pudar.

Sabun pembersih khusus bertujuan menjaga warna cat mobil agar tidak mudah kusam. Memang harga sabun khusus mencuci mobil dibanderol cukup mahal. Hal itu lebih baik daripada harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk memperbaiki cat mobil yang rusak .

3. Rawat Cat Mobil dengan Membersihkannya Menggunakan Kain Halus

Gunakanlah kain halus atau kain khusus untuk membersihkan mobil, seperti kanebo atau semacamnya.

4. Bersihkan Body Mobil Secara Teratur Agar Catnya Tetap Mengilat

Hal paling penting dalam merawat cat mobil adalah dengan membersihkan bodi mobil secara teratur, yang bertujuan agar cat mobil tetap mengilat dan terlihat seperti baru terus.

Jangan biarkan bodi mobil kering pada saat akan membersihkannya, minimal harus menyiram terlebih dahulu sebelum dibersihkan.

5. Gunakan Sarung Mobil saat Tidak Digunakan

Cara merawat cat mobil yang paling mudah adalah dengan menggunakan sarung mobil, saat mobil tidak digunakan. Fungsi sarung mobil untuk menghindari dari debu, panas, dan hujan saat diparkir di mana pun. Cat mobil serta bodi mobil juga akan terhindar dari benda-benda atau goresan di sekitar parkiran mobil.

6. Segera Keringkan Mobil Setelah Dicuci

Cara merawat yang keenam ini kerap kali dianggap sepele, padahal hal tersebut penting juga dalam merawat cat mobil. Segera keringkan mobil setelah dicuci ini bertujuan agar bodi mobil tidak lembab dan warna cat mobil juga tidak mudah kusam. Dengan mengeringkan segera mobil setelah dicuci juga membuat warna cat mobil tetap mengilap, jadi terlihat seperti baru terus.

7. Gunakanlah Obat Poles atau Wax

Untuk cara merawat cat mobil yang terakhir ini diperuntukkan kepada warna cat mobilnya sudah mulai kusam dan pudar. Tidak ada kata terlambat untuk merawat mobil pribadi kamu. Menggunakan obat poles atau wax ini diperlukan bagi kamu yang mau membuat mobil lebih mengiilap.

Cara merawat cat mobil hitam dengan cat warna mobil putih itu sama saja, anda hanya perlu melakukan 7 hal mudah diatas.


Posting Komentar

0 Komentar