Fungsi Washer Mobil dan Komponennya

Washer adalah bagian dari Wiper Mobil. Fungsi umum dari komponen ini adalah untuk membantu pekerjaan wiper untuk membersihkan kaca depan atau belakang kendaraan.

Untuk kamu pecinta mobil, pasti sudah mengenal komponen mobil ini, namun belum tahu apa saja fungsinya dan komponen yang tersusun dalamnya.

Jika kamu ingin tahu apa-apa saja fungsi dan cara kerjanya komponen ini, simak penjelasan berikut  ini!

Fungsi Washer Mobil

Fungsi utama dari Washer mobil adalah untuk membantu kinerja dari wiper, selain itu komponen ini berfungsi untuk menyemprotkan cairan pembersih yang ada dalam tangki guna membantu membersihkan kaca dari kotoran yang menempel.

Selain itu, fungsi dari washer adalah memperingan fungsi wiper dan hasil yang diperoleh juga lebih maksimal. Pengoperasiannya juga sangat mudah, yaitu hanya menarik saklar wiper dan langsung otomatis mengikuti gerak wiper.

Komponen Washer Mobil

Setelah mengetahui fungsi washer, Anda juga perlu mengenal apa saja komponen washer.

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa komponen yang wajib Anda ketahui. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Washer Tank

Pertama, ada Washer Tank yang berbentuk kotak dengan selang penghubung. Fungsi komponen ini adalah sebagai penampung fluida yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Tangki ini juga memiliki bentuk lain, tergantung dimana tangki tersebut diletakkan.

2. Motor Washer

Komponen selanjutnya adalah motor washer yang merupakan pintu dari perangkat ini. Bentuknya seperti selang berwarna hitam, menempel pada Washer tank.

Fungsi bagian motor washer ini adalah untuk menggerakkan pompa, jadi motor washer akan memberikan dorongan pada fluida atau larutan pembersih dari washer tank.

Biasanya, tipe motor Washer memiliki bentuk wound motor juga ferrite magnet. Untuk lebih jelasnya wound motor adalah gaya magnet yang menggunakan kumparan coil.

Dalam mekanismenya, motor washer dapat menciptakan gaya elektromagnetik dengan gaya elektronik. Disini, pompa yang digunakan pada motor washer ada beberapa tipe roda gigi atau gir.

Yang pertama adalah tipe squeeze, dan ada juga tipe sentrifugal. Untuk jenis yang sering digunakan di washer mobil kebanyakan adalah pompa sentrifugal karena bagian-bagiannya memiliki singgungan yang sangat kecil

3. Nozzle

Nozzle merupakan bagian yang berfungsi untuk menyemprotkan cairan guna membersihkan kaca mobil.

Biasanya nozzle ini terbuat dari pipa tembaga, kemudian alumunium ataupun resin dengan satu buah lubang.

Diameternya biasanya cukup kecil sekitar 0,8 mm sampai dengan 1,0 mm. Kalau lubang orifice sendiri terdiri dari 1 sampai dengan 2 lubang. Lubang ini terbuat dari resin, dan sekarang juga bisa disetel.

4. Selang

Komponen selanjutnya adalah selang atau hose. Fungsi dari selang ini adalah untuk menghubungkan pompa washer pada washer tank atau tangki washer dengan nozzle.

Dengan perantara selang ini, fluida atau cairan pembersih washer akan tersalurkan dan dapat disemprotkan ke kaca bagian depan dan belakang.

5. Cairan Pembersih

Bagian paling penting yang berkaitan dengan fungsi washer yaitu cairan pembersih yang terdiri dari zat atau cairan anti beku yang ditambah dengan detergen serta zat anti karat.

Penggunaannya harus hati-hati, jangan sampai merusak karet blade yang ada di wiper atau bahkan merusak cat pada body mobil.

Posting Komentar

0 Komentar