Mengenal Nozzle: Fungsi dan Penggunaannya

Nozzle adalah sebuah komponen yang memiliki peranan sangat besar dalam mengatur arah dan karakteristik dari aliran fluida.

Komponen ini digunakan untuk meningkatkan kecepatan aliran fluida dengan tekanan yang diberikan. Nozlle  digunakan di berbagai macam bidang, mulai dari industri, perkebunan, hingga otomotif.

Mengenal Nozzle

Bentuk fisik dari komponen ini adalah pipa atau tabung yang memiliki diameternya bervariasi disesuaikan dengan aplikasinya. Tabung ini digunakan untuk mengarahkan fluida yang alirannya dimodifikasi ke bagian paling ujung.

Nozzle adalah bagian paling ujung di sebuah rangkaian selang atau tabung. Bisa dikatakan komponen ini adalah katup yang bisa dibuka dan ditutup untuk mengatur volume fluida yang dikeluarkan.

Kecepatan fluida yang dialirkan melalui nozzle ini bisa disesuaikan dengan tekanannya. Fluida yang mengalir pada bagian ini akan lebih cepat namun tekanan yang dihasilkan bisa saja turun.

Fungsi Nozzle

Sebagai perangkat yang banyak digunakan di berbagai sektor industri, fungsi perangkat ini tentu sangatlah penting. Berikut ini fungsi dari nozzle yang sangat penting untuk diketahui:

  1. Mengatur aliran fluida, baik dari segi arah dan juga tekanan yang dikeluarkan.
  2. Merubah energi tekanan serta panas menjadi energi kinetik.
  3. Mengarahkan pancaran jet fluida di sudut tertentu. Fungsi ini dikenal dengan sebutan sudut nozzle.
  4. Menghasilkan energi yang memanfaatkan energi kinetik dari fluida pada mesin turbo.  Hal ini berlaku pada mesin turbin air dan juga gas.
  5. Selain mengatur aliran fluida, nozzle juga bisa mengatur aliran uap dan gas.

Itulah fungsi dari perangkat yang tidak bisa dianggap sepele. Perangkat ini harus dijaga kualitasnya agar mesin dapat bekerja dengan normal.

Penggunaan Nozzle dalam di Kehidupan Sehari-Hari

Setelah mengetahui fungsi dari perangkat ini, kamu perlu mengetahui penerapan nozzle dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa penerapan nozzle dalam kehidupan yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut:

1. Menyemprotkan Bahan Bakar ke Ruang Bakar

Biasanya bahan bakar dipompa dari tangki dan melewati filter bbm sehingga air and solar terpisah. Kemudian bahan bakar akan melewati filter kedua agar kotoran tersaring sebelum ke pompa injeksi.

Plunger yang memompa dengan tekanan tinggi bersama delivery valve membuat bahan bakar jadi lebih padat dan dialirkan ke selang nozzle.  Komponen inilah yang pada akhirnya menyemprotkan bahan bakar minyak ke ruang bakar dengan bentuk kabut halus.

2. Menyemprotkan Air pada Air Mancur Buatan

Contoh pengaplikasian nozzle yang sangat terlihat adalah air mancur buatan. Air yang mengalir melalui selang di dalam sistem air mancur akan keluar dari nozzle. Bentuk nozzle yang digunakan pun berbeda-beda.

Air mancur bisa memiliki bentuk keluar yang berbeda-beda seperti seperti tetesan air yang sering, air keluar dalam jumlah banyak atau air yang menyebar. Semua berkat perangkat nozzle yang membuat air mancur jadi semakin indah.

Selain pada mesin diesel dan air mancur, nozzle juga banyak digunakan. Seperti demi tujuan pengukuran di venturimeter, menghilangkan udara dari kondensor sampai injektor untuk memompa air dari boiler.

Sebagai pintu keluar aliran fluida maka nozzle ini tidak boleh mampet. Jika terjadi kerusakan atau saluran mampet maka harus segera diperbaiki.

Posting Komentar

0 Komentar