Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Membersihkan Filter AC Mobil

Filter AC mobil adalah salah satu komponen mobil yang berfungsi sebagai penyaring udara yang dihisap oleh blower AC dan disalurkan ke evaporator.

Tentu saja, bagian mobil yang satu ini mudah kotor karena banyaknya kotoran dan debu yang tersedot. Jadi, ada baiknya agar membersihkan filter ACmobil secara teratur.

Membersihkan filter AC mobil bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Asalkan Anda mengetahui tata caranya sehingga tidak merusak bagian-bagian komponen AC mobil lainnya.

Lalu, bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Bongkar Evaporator AC

Bongkar AC terlebih dahulu dan kemudian buka filter AC menggunakan kunci pas ataupun kunci socket. Perlu diketahui, Anda harus berhati-hati mengeluarkan filter AC mobil.

Sebab, jika saringan filter AC jatuh atau tertusuk kunci yang digunakan, akan timbul kerusakan lainnya dan Anda harus mengganti dengan filter AC yang baru.

2. Cek Kondisi Sarinagn Filter AC Mobil

Setelah dikeluarkan, segera cek kondisi filter AC apakah masih layak digunakan atau sudah waktunya untuk mengganti dengan saringan filter AC mobil yang baru.

3. Bersihkan Saringan Filter AC Mobil

Jika filter AC mobil dalam kondisi baik-baik saja, maka segera lakukan langkah pembersihan. Pertama-tama, bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada saringan filter dengan menggunakan kuas.

Jika masih kurang bersih, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner khusus untuk menyedot debu yang menempel. Perlu diketahui, jangan pernah sekali-sekali Anda merendam saringan filter AC mobil dengan air jenis apapun.

Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan bulu-bulu saringan filter AC rontok dan akhirnya tak mampu menyaring debu yang terhisap oleh blower AC

4. Semprotkan Cairan Pembersih

Setelah membersihkan filter AC dengan kuas ataupun vacuum cleaner, selanjutnya lakukan langkah pembersihan dengan memberikan cairan pembersih khusus. Tujuannya adalah agar saringan Filter AC benar-benar steril dari kotoran ataupun debu.

5. Pasang Kembali Filter AC Mobil

Jika semua tahapan pembersihan telah selesai, langkah terakhir adalah mengembalikan filter AC mobil ke tempat semula. Jangan lupa, kencangkan kembali baut AC mobil agar tidak bermasalah ketika digunakan.

Setelah memastikan semua terpasang dengan baik, coba hidupkan AC mobil dan rasakan apakah kabin mobil Anda terasa lebih dingin dibandingkan dengan sebelum dibersihkan.

Itulah tadi lima langkah membersihkan filter AC mobil yang dapat dilakukan sendiri tanpa harus membawa ke bengkel. Jangan lupa untuk selalu membersihkan secara rutin, sebab bagian mobil yang satu ini memang mudah kotor.

Posting Komentar

0 Komentar