Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah

 

Busi Motor adalah salah satu komponen yang memiliki peran cukup penting pada kendaraan. Sama seperti komponen mesin yang lain, busi juga akan mengalami kerusakan baik diukur dari waktu pemakaiaan dan kerusakan eksternal.

Fungsi dari komponen ini adalah untuk membantu proses pengapian pada mesin. Jika tidak ada busi pada mesin kendaraan, maka mesin tidak akan menyala ataupun hidup.

Kerusakan yang sering terjadi pada busi ini adalah warnanya yang menghitam dan basah. Berikut ini akan dijelaskan penyebab busi motor basah dan hitam yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Busi tidak Cocok dengan Mesin

Penyebab pertama terjadinya kondisi seperti diatas adalah ketidakcocokan antara busi dengan mesin kendaraan.

Ketidakcocokan busi dengan mesin mengakibatkan ruang pembakaran tidak maksimal sehingga membuat busi gosong. Jika ruang pembakaran tidak bisa bekerja dengan baik, maka akan menyebabkan busi lebih cepat basah dan menghitam, selain itu kendaraan anda juga tidak bisa digunakan.

2. Merembesnya Oli pada Mesin

Penyebab busi motor hitam dan basah yang selanjutnya adalah karena oli pada mesin merembes masuk ke ruang pembakaran.

Hal ini bisa terjadi karena piston mengalami aus sehingga muncul deposit pembakaran yang berpengaruh pada kondisi busi.

3. Tidak Seusainya Bahan Bakar dengan Spesifikasi Mesin

Penyebab lain busi motor mengalami kerusakan adalah spesifikasi bahan bahan bakar  yang tidak sesuai dengan mesin. Pada umumnya setiap kendaraan memiliki spesifikasi bahan bakar yang cocok untuk kendaaraannya.

Jangan sampai menggunakan bahan bakar yang berkualitas rendah untuk menjaga semua komponen di dalam kendaraan termasuk busi agar tidak basah dan menghitam.

4. Filter pada Motor Kotor

Filter yang kotor membuat fungsi kerja mesin tidak maksimal. Filter tidak bisa menyaring kotoran sehingga mengalami penumpukan pada mesin dan mengakibatkan komponen lain rusak termasuk busi.

5. Tercampurnya Bahan Bakar

Campuran ini biasanya menumpuk pada bagian elektroda busi sehingga basah dan menghitam. Selain itu, hal ini juga akan membuat bahan bakar menjadi cepat habis.

6. Adanya Masalah Setelan Karburator

Penyebab yang terakhir mengapa busi pada motor bisa cepat basah dan menghitam adalah karena adanya masalah di bagian karburator.

Hal ini biasanya terjadi karena Anda tidak bisa memasang setelan karburator dengan benar sehingga tekanan udara di dalam tidak normal.


Cara Mengatasi Busi yang Basah dan Menghitam

Setelah mengetahui penyebab yang membuat busi pada motor basah dan menghitam, kamu perlu mengetahui cara mengatasinya agar tidak  tidak terjadi kerusakan pada komponen lain, termasuk pada busi itu sendiri.

Berikut ini cara mengatasi busi yang basah dan menghitam yang perlu kamu ketahui:

Mengganti Busi dengan yang Baru

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan penggantian busi baru pada motor. Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan penggantian adalah pilihlah busi dengan kualitas terbaik. Anda bisa membelinya sesuai dengan yang direkomendasikan.

Melakukan Perapatan Pada Skir Katup

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah merapatkan bagian skir katup. Untuk melakukan hal ini kamu harus membongkar bagian kepala silinder motor atau bisa langsung datang ke bengkel resmi.

Membersihkan Bagian Mesin

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah jika ada banyak air di bagian mesin, kamu bisa membersihkannya. Kamu bisa mencari dari mana air itu berasal lalu bersihkan sebelum semakin masuk ke mesin.

Posting Komentar

0 Komentar