Ticker

6/recent/ticker-posts

Penyebab Blower AC Mobil Mati

Blower merupakan salah satu komponen pada mobil yang memiliki peran penting untuk mengatur sirkulasi udara pada mobil. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, tentunya akan mengganggu kinerja AC dan memengaruhi kinerja komponen lain.

Pengertian Blower AC Mobil

Blower AC adalah sistem pendingin yang terdapat pada mobil dan berbentuk motor dinamo. Sistem pendingin pada komponen ini dilengkapi dengan daun kipas seperti kipas angin.

Fungsi utama dari blower ini adalah untuk menghasilkan udara dingin yang diperoleh dari evaporator. Dengan adanya blower, kamu dapat mengatur suhu dalam mobil agar lebih dingin.

Cara pengunaan blower AC pada mobil cukup dengan menekan atau memutar saklar AC yang terdapat pada dasboard mobil. Saklar AC ini juga dilengkapi dengan tingkatan-tingkatan suhu, sehingga kamu dapat mengatur tingkat suhu yang diinginkan.

Penyebab Blower AC Mobil Mati

Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab blower AC mobil bisa mati atau padam. Simak selengkapnya.

Resistor Blower Terputus

Resistor merupakan sebuah susunan yang bersifat tahan listrik. Ukuran dari komponen kecil ini sangat berpengaruh pada kecepatan putaran blower.

Putusnya resistor dapat menyebabkan blower AC mobil mati secara tiba-tiba. Putusnya resistor mengakibatkan arus listrik yang dikirim ke blower juga akan terputus. Jika arus yang dikirim terputus maka blower tidak akan bisa berputar.

Relay Blower Rusak

Relay merupakan komponen yang mengatur dan memisahkan pemakaian listrik berdaya besar dan kecil. Tujuan penggunaan relay ini adalah untuk mengantisipasi kerusakan saklar karena dilewati arus listrik yang berdaya besar.

Kerusakan relay dapat mengakibatkan blower AC mati, karena ketika saklar diaktifkan fungsi relay sebagai pengatur arus tidak bekerja. Maka arus ke motor blower AC akan terputus, dan tidak mungkin untuk bekerja.

Saklar Blower Rusak

Saklar merupakan alat yang digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan AC. Saklar blower umumnya terdiri dari beberapa tingkatan atau speed. Jadi, saklar blower berbeda dengan saklar pada umumnya yang hanya ada tombol ON dan OFF saja.

Kerusakan pada saklar sebenarnya sangat jarang terjadi, namun bukan berarti tidak mungkin. Apabila blower tidak mau berputar, coba cek terlebih dahulu pada bagian saklar. Siapa tau tidak berputarnya blower karena saklarnya rusak.

Motor Blower Terputus

Apabila dinamo atau motor blower tersebut mengalami kerusakan, blower otomatis akan mati dan tidak mau berputar. Dalam motor blower tersebut juga terdapat tiga bagian, yaitu carbon brush, kumparan dan magnet.

Kumparan dan carbon crush merupakan bagian motor yang paling dikhawatirkan mengalami kerusakan. Jika kedua bagian tersebut rusak, blower AC pun ikut rusak. Beberapa blower mungkin hanya perlu diganti brushnya saja, namun beberapa blower lainnya perlu diganti secara keseluruhan.

Sekring Blower Terputus

Sekring biasanya terletak di bagian kotak sekring yang berada di dalam mesin. Fungsi utama dari sekring tersebut adalah mengamankan arus listrik yang mengalir ke blower agar tidak mengalami konslet.

Meskipun seringkali menjadi penyebab umum matinya blower, terputusnya sekring tidak bisa diremehkan. Sekring sangat berperan penting dalam memblok aliran listrik yang dianggap terlalu besar. Jadi, apabila sekring terputus bisa jadi karena ada lonjakan arus yang berlebihan.

Jika hal tersebut terjadi jangan lantas dibiarkan dalam waktu lama. Jika kamu bisa menanganinya sendiri, segera ganti sekring tersebut dengan yang baru. Akan tetapi, jika kemudian blower tetap saja tidak mau berputar, bisa jadi ada korsleting pada listrik yang mengalir ke blower.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada blower AC mobil, kamu perlu melakukan pengecekan ke bengkel atau tempat service AC terdekat di lingkunganmu. Jika dibiarkan maka akan memengaruhi komponen mesin dan kelistrikan yang lain pada mobil.

Posting Komentar

0 Komentar