Mengenal Tie Rod Mobil dan Fungsi-fungsinya

 

Tie Rod adalah salah satu komponen yang terletak antara steering gearbox dan knuckle roda. Komponen ini berfungsi sebagai penghubung kemudi dengan roda mobil.

Komponen ini memiliki bentuk memanjang yang menghubungkan antara ujung steering rack dengan roda mobil bagian depan.

Pada jenis kemudi yang menggunakan steering rack, terdapat dua jenis tie rod yang dikenal yaitu rack end (long tie rod) dan tie rod end.

Untuk long tie rod, dipasang dan terhubung langsung pada bagian ujung steering rack dan membuat komponen ini langsung terhubung dengan kemudi mobil. Sedangkan tie rod end dipasang dan langsung terhubung dengan empat roda mobil.

Fungsi Tie Rod Mobil

Sistem kerja alat ini dilengkapi dengan komponen lain bernama ball joint yang berfungsi membantu mengoptimalkan kerja tie rod yang harus bisa menyesuaikan dalam kondisi apapun.

Terdapat beberapa fungsi penting dari keberadaan alat ini bagi sebuah mobil. Berikut beberapa fungsi tie rod pada mobil, simak selengkapnya.

1. Menggerakkan Putaran Roda Ke Depan

Komponen ini berada antara ujung steering gear pada kemudi dan steering knuckle pada roda mobil. Saat pengemudi membelokkan arah kemudi, maka akan terjadi gerakan memutar dari batang steer akan berjalan menuju steering gear box yang membuat terjadi perubahan tarikan menjadi dorongan.

Gerakan yang terjadi ini akan diteruskan tie rod mobil yang digunakan untuk menarik atau mendorong sebagian sisi roda bagian depan mobil sehingga roda akan bergeser dan berbelok seusai arah kemudi.

2. Mengatur jarak roda depan

Terdapat dua jenis tie rod yaitu tie in dan tie out. Fungsi dari kedua komponen ini adalah untuk mengatur agar roda depan bisa berputar dengan lurus dan juga stabil dan mencegah keausan yang tidak merata pada ban.

3. Peredam Getaran

Tie rod  berfungsi untuk meredam getaran yang terjadi akibat adanya perputaran pada batang kemudi. Pada kesempatan ini ball joint berfungsi membantu mengoptimalkan fungsi putaran pada roda mobil karena dapat bergerak ke segala arah.

Long tie rod akan meredam getaran ke atas dan ke bawah roda. Sedangkan tie rod end akan memutus gerakan ke kanan dan ke kiri dari roda mobil. Dengan ini getaran yang terjadi pada roda mobil tidak sampai ke kemudi.


Penyebab Kerusakan Tie Rod Mobil dan Ciri-Cirinya

1. Pada saat mengendarai mobil, tiba tiba mobil terasa seperti oleng. Kemungkinan terbesar penyebab terjadinya adalah tie rod mobil yang rusak. Sehingga mobil dalam keadaan yang tidak stabil saat dikendarai.

2. Roda mobil goyang dan tidak kencang bisa disebabkan oleh baut tie rod yang kendor atau karet pembungkus ball joint robek. Jika terjadi seperti ini sebaiknya dilakukan pengecekan dan penggantian jika sudah tidak bisa diperbaiki.

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar