Mengenal apa itu Engine Mounting, Penahan Getaran dari Mesin

Kenyamanan berkendara dengan mobil dipengaruhi oleh berbagai hal seperti fitur keamanan, ground clearance yang tinggi sampai masalah getaran.

Pada mobil-mobil modern saat ini sudah banyak dipasangkan alat yang menahan getaran dari mesin. Komponen ini dikenal dengan nama Engine Mounting.

Komponen ini memiliki peran yang sangat besar untuk menciptakan kenyamanan saat berkendara karena menjadi bantalan yang meredam getaran mesin agar tidak sampai ke seluruh body mobil.

Pengertian Engine Mounting

Engine mounting adalah komponen dari mobil yang bekerja sebagai dudukan mesin sehingga mampu menyangganya, sekaligus penyangga rangka body mobil. Fungsi engine mounting yang utama adalah menahan getaran dari mesin.

Mesin mobil bekerja untuk mengolah tenaga agar mobil mampu bergerak. Pada saat mesin mobil menyala, di dalam ruang bakar akan terjadi ledakan yang menimbulkan getaran. Ledakan ini berasal dari bahan bakar yang bercampur dengan udara.

Maka dari itulah dibutuhkan engine mounting yang mampu meredam semua getaran tinggi dari mesin. Tak hanya meredam getaran, ada fungsi lainnya yang juga tak kalah penting.

Jenis Engine Mounting

Bekerja sebagai peredam, komponen penting yang berada dalam mobil ini memiliki dua jenis berdasarkan konstruksinya.

Tipe Modern

Pada mobil modern lebih tepatnya mobil mewah dengan harga mahal, biasanya menggunakan jenis yang konstruksinya berbentuk tabung hidrolik. Konstruksi ini lebih modern dibandingkan jenis yang satunya, selain itu tipe modern lebih mahal harganya.

Tipe Konvensional

Hampir semua jenis mobil memanfaatkan jenis konvensional ini. Bentuknya sendiri lebih sederhana karena terbuat dari plat baja. Bagian sisi satunya bekerja sebagai pengait sasis. Sedangkan sisi lainnya berbentuk tabung dan memiliki karet berluang pada bagian tengah.

Sisi tersebut akan dikaitkan pada mesin dan membuat getaran tidak tersalurkan pada bodi mobil. Dilihat sekilas dari bentuknya, Anda akan dengan mudah membedakan mana tipe modern dan konvensional.

Tanda Kerusakan Engine Mounting

Bagi setiap pengendara dapat dengan mudah mendeteksi gejala yang terjadi ketika muncul kerusakan pada peredam mobil.  Berikut beberapa tanda kerusakan Engine Mounting yang perlu kamu ketahui.

1. Getaran pada mobil terasa lebih kencang

Mengingat fungsi nya sebagai peredam getaran mesin, maka tanda pertama yang bisa dirasakan pada mobil adalah getaran mesin yang terasa lebih kencang.

2. Terdengar Bunyi dari Bagian Mesin

Jika terdengar bunyi kletek-kletek pada area mesin mobil bisa jadi disebabkan oleh komponen ini. Tanda kerusakan yang bisa didengar adalah ketika bunyi semakin keras ketika kecepatan kendaraan diturunkan.

Bunyi juga akan semakin kuat ketika sedang berkendara di jalanan yang buruk dan bukan aspal atau pada saat pertama kali di starter mesin juga akan menghasilkan bunyi yang mengganggu.

3. Posisi Mesin yang Miring

Berada sebagai dudukan mesin, apabila engine mounting sudah rusak maka posisi mesin juga akan berubah. Jika biasanya mesin sejajar atau datar, kini posisinya akan miring cenderung menurun.

Posting Komentar

0 Komentar