Pentingnya Balancing Velg pada Kendaraan Bermotor

Pada sebuah kendaraan seperti motor tentunya memiliki beberapa bagian perlengkapan dengan masing-masing fungsi yang berbeda. Salah satu perlengkapan tersebut adalah velg motor. Hal ini sangat diperlukan agar roda pada motor dapat dipasangkan.

Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban bagi anda yang memiliki motor untuk merawat dan menjaganya. Hal penting yang tidak boleh dilewatkan ketika memiliki sebuah motor adalah melakukan balancing velg motor.

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan komponen ini. Sama seperti lingkar dan jari-jari, velg juga merupakan tempat atau rumah ban dipasangkan.

Sama seperti komponen lain yang ada pada kendaraan, velg pada motor perlu Anda rawat dengan melakukan balancing velg. Selain untuk kenyamanan ketika berkendara, hal ini juga perlu dilakukan untuk menjaga keawetan velg kendaraan tersebut.

Roda pada kendaraan tidak akan dapat dipasangkan tanpa adanya velg motor. Sebagai salah satu bagian yang penting dari kendaraan maka sudah sepantasnya jika bagian kendaraan tersebut mendapat perawatan dari Anda sebagai pemiliknya.

Balancing Velg Sepeda Motor

Bagi teman-teman yang memiliki kendaraan bermotor seharusnya sudah tidak asing lagi dengan istilah balancing velg. Ini merupakan sebuah proses untuk menyeimbangkan berat dari velg dengan ban kendaraan kalian. Hal ini dilakukan agar kenyamanan ketika berkendara dinikmati dengan lancar.

Biasanya balancing velg ini dilakukan setiap 10.000 km sekali atau ketika batas kilometer nya sudah terpenuhi. Caranya adalah dengan menyesuaikan bagian kiri kanan dan atas bawah roda kendaraan melalui penambahan timah pada bagian yang kurang terpenuhi.

Balancing ini perlu dilakukan karena memiliki fungsi untuk memastikan ban pada kendaraan sudah seimbang dengan titik pusat pada roda nya. Hal ini nantinya juga akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan teman-teman ketika berkendara.

Masalah yang muncul jika tidak melakukan Balancing

Kalian tentunya tidak ingin bukan jika velg yang tidak dirawat dengan baik memberikan masalah yang serius pada motor kesayangan? Oleh sebab itu, balancing velg pada motor perlu menjadi hal yang Anda perhatikan. Berikut beberapa masalah yang terjadi jika tidak melakukan balancing velg motor.

1. Ketika berkendara dengan kecepatan tinggi, motor terasa sangat tidak nyaman karena ban motor yang tidak seimbang.

2. Baling pada velg bisa terjadi ketika berkendara, penyebabnya mungkin menabrak sesuatu, lubang, atau pernah dipaksa berkendaraa pada saat ban kurang angin.

3. Ban selip karena funsi sebagi velg yang tidak seimbang. Hal ini bisa sangat berbahaya apalagi ketika teman-teman berkendara dengan kecepatan tinggi.

Ciri-ciri Kendaraan yang perlu Balancing Velg

Ketika memiliki dan menggunakan sebuah kendaraan, sedikit banyak tentunya kalian sudah bisa merasakan kendaraan nyaman atau tidak ketika digunakan. Hal ini berkaitan dengan balancing velg yang perlu segera teman-teman lakukan ketika kendaraan memberikan ciri-ciri tersebut.

1. Ketika berkendara, setir atau stang kendaraan bergetar. Itu menandakan bahwa terdapat masalah pada velg.

2. Hilangnya keseimbangan ketika temam-teman sedang berkendara.

Apabila kalian menemukan ciri-ciri tersebut, sebaiknya segera melakukan balancing velg motor. Keselamatan Anda ketika berkendara tentunya harus dijamin dengan melakukan perawatan rutin pada kendaraan. Hal tersebut akan membuat Anda merasa aman dan tidak khawatir dengan kondisi kendaraan yang tidak memadai.

 

Posting Komentar

0 Komentar