Mengenal Jenis, Warna dan Fungsi Sekring Mobil

Mobil memiliki banyak sekali komponen untuk dapat digerakkan sebagaimana mestinya. Bisa satu komponen tidak berfungsi maka akan memengaruhi kinerja komponen mesin yang lain.

Sekring merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran untuk menunjang kinerja komponen mesin lainnya. Sistem kerja sekring pada mobil hampir sama dengan sekring yang juga ada pada kendaraan bermotor lainnya.

Fungsi sekring ini membuat mobil menjadi lebih safety dalam mendeteksi arus listrik tidak normal dalam mobil. Komponen ini diciptakan sesuai dengan daya dan dalam beberapa varian. Varian tersebut biasanya ditemui dalam beberapa bentuk, warna dan ukuran.

Fungsi Sekring Mobil

Kondisi arus listrik pada kendaraan tak selamanya dalam keadaan normal. Bisa saja pada keadaaan tertentu mobil mengalami kelebihan arus listrik yang beroperasi pada mesin.

Peran sekring pada mobil adalah dapat memotong arus listrik jika terjadi kelebihan muatan arus. Sekring tidak akan memotong arus juga tidak ada arus yang berlebih karena komponen ini bisa mendeteksi kondisi arus tersebut.

Dengan adanya sekring pada kendaraan, performa mobil dan komponen mesin mobil lainnya akan selalu terjaga.

Bentuk Sekring Mobil

Sekring yang terdapat pada mobil memiliki beberapa varian bentuk. Fungsi dari sekring dibuat berdasarkan bentuknya. Berikut beberapa bentuk sekring mobil beserta fungsinya.

Catridge

Sekring jenis ini memiliki bentuk seperti tabung pada bagian ujungnya dilengkapi dengan bahan logam. Logam yang terdapat pada ujung sekring ini terlihat seperti besi dengan ukuran yang telah disesuaikan. Pada bagian ujungnya terdapat keterangan kode barang dan kapasitas jumlah arusnya.

Sekring Tabung

Hampir sama seperti catridge, pada bagian tengah sekring ini terbuat dari bahan kaca. Sekring ini juga memiliki bahan logam pada ujungnya. Pada logam itulah terdapat kode ukuran muatan arus yang terdapat pada kapasitas sekring tersebut.

Sekring Blade atau Sekring Tancap

Komponen kendaraan yang berbentuk seperti gigi disebut sekring blade. Sekring jenis ini memiliki bagian logam yang terlihat tertancap pada plastik yang terkesan seperti isolatornya. Sekring blade digunakan dengan cara ditancapkan dan ini banyak sekali dimanfaatkan untuk mobil modern saat.

Sekring Plat

Sekring pelat atau yang biasa dikenal dengan terminal pelat merupakan komponen yang berperan sebagai pengaman pada arus listrik utama.

Jenis-jenis Sekring Blade

Kali ini akan sedikit diuraikan kode warna pada sekring blade yang biasa kita jumpai. Seperti yang telah disebutkan bahwasannya masing-masing memiliki kapasitas arusnya.

Mengenali warna dan kapasitasnya sangat perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan saat memilih sekring ketika akan membelinya. Daftar jenis sekring ini sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Cokelat 7.5 ampere
  • Merah 10 ampere
  • Biru 15 ampere
  • Kuning 20 ampere
  • Putih 25 ampere
  • Hijau 30 ampere
  • Orange 45 ampere

 

Posting Komentar

0 Komentar