Mengenal apa itu Gardan Mobil dan Fungsinya


Gardan atau dalam terjemahan bahasa Inggris yaitu differential memiliki arti kata pembeda. Dari pengertian tersebut, dapat diartikan gardan sebagai komponen yang berfungsi sebagai pembeda.

Gardan sendiri berasal dari kata cardan yang memiliki arti roda-roda gigi khusus yang berbentuk roda gigi kerucut. Kata cardan tersebut, di Indonesia akhirnya lebih dikenal dengan sebutan gardan atau gardan mobil.

Yang dimaksud dengan pembeda itu sendiri adalah untuk membedakan gerakan putar antara poros ban kiri dan kanan saat kendaraan berbelok.

Gardan mobil sendiri merupakan komponen yang sangat penting pada mobil untuk dapat menggerakkan laju kendaraan. Komponen ini termasuk salah satu bagian krusial pada mobil yang umumnya terdapat pada kendaraan dengan penggerak RWD dan 4WD.

Tanpa adanya gardan, ban mobil yang kiri dan kanan akan bekerja dengan kecepatan yang sama. Padahal seharusnya, gardan kiri dan kanan harus memiliki kecepatan yang berbeda terutama ketika mobil berbelok.

Komponen ini juga menjadi salah satu faktor penting kenapa mobil bisa bergerak. Komponen ini bekerja untuk meneruskan tenaga dari mesin menuju ke poros roda. Hal ini membuat mobil bisa melaju ke depan, belakang dan lain sebagainya.

Fungsi Gardan Mobil

Sebenarnya fungsi gardan mobil adalah sebagai sebuah komponen yang berperan untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda mobil. Tenaga yang diteruskan tersebut merupakan tenaga yang berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi gardan mobil yang perlu teman-teman ketahui.

Pembeda Putaran Poros Roda Kiri dan Kanan

Salah satu fungsi utama dari komponen ini adalah sebagai pembeda untuk gerak rotasi antara pors atu as roda bagian kiri dan bagian kanan kendaraan. Dalam bahasa sederhananya, fungsi yang satu ini adalah untuk mempermudah mobil saat ingin berbelok.

Adanya pembeda pada putaran masing-masing roda membuat ban lebih tahan lama dan tidak mengalami slip sehingga membuat poros roda tidak cepat aus dan rusak

Penerus Tenaga Putar Mesin menuju Poros Penggerak

Fungsi gardan kendaraan yang kedua adalah sebagai penerus tenaga putar mesin menuju poros penggerak. Gardan akan meneruskan tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin menuju poros roda penggerak atau lebih mudahnya adalah ban mobil. Dengan fungsi ini, sangat berpengaruh terhadap laju kendaraan baik maju, mundur atau berbelok sehingga fungsi gardan harus dipastikan optimal.

Mengubah Arah Putar 90 Derajat

Dengan adanya komponen ini, tenaga putar yang pada awalnya lurus dari mesin, transmisi dan kopling diubah menjadi 90 derajat sehingga bisa memutar poros roda penggerak.

Karena poros roda menggerak sudah berputar, maka mobil bisa berjalan maju ke depan atau mundur ke belakang.

 


Meningkatkan Tenaga Putar atau Momen

Satu lagi fungsi dari gardan mobil adalah untuk meningkatkan tenaga putar atau momen. Tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin akan ditingkatkan menjadi lebih besar lagi dengan adanya differential atau gardan. Selanjutnya tenaga tersebut akan disalurkan ke poros-poros roda penggerak.

Gardan merupakan salah satu komponen penting yang mengatur poros penggerak sehingga sangat berpengaruh terhadap laju kendaraan. Maka dari itulah, kamu harus rutin melakukan pengecekan komponen gardan untuk memastikan tidak aus.


Hal ini sekaligus untuk mencegah terjadinya masalah pada kendaraan akibat gardan yang tidak terawat dengan baik.

Berikut penjelasan ringkas mengenai Gardan Mobil dan Fungsinya. Semoga bermanfaat.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar