Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Menentukan Harga Jual Spare Part Motor

Cara Menentukan Harga Jual Spare Part Motor

Cara Menentukan Harga Jual Spare Part Motor - Saat ini bisnis menjadi salah satu alternatif yang dapat di perhitungkan dalam menggarap keuntungan.

Banyak jenis bisnis yang dapat kita tekuni, mulai dari bisnis kuliner, properti, Agent Travel, sampai dengan bisnis peralatan untuk sepeda motor.

Cara Menentukan Harga Jual Spare Part Motor

Bisnis yang satu ini tidak dapat dipandang sebelah mata, pasalnya bisnis ini merupakan bisnis yang aman serta dapat menghasilkan keuntungan yang banyak. Hal yang menjadi pemicu nya dalah meningkatnya permintaan akan sepeda motor dikalangan masyarakat saat ini.

Jika anda hendak memulai bisnis ini, ada baiknya kalian memperhatikan terlebih dahulu sistem penjualan spare part motor yang baik dan benar. Pebisnis harus mengetahui bagaimana cara menentukan harga jual spare part motor yang sesuai.

Berikut ini akan kita bahas cara menentukan harga jual sparepart motor dengan tepat sehingga kita mendapat banyak keuntungan. Yuk langsung simak.

Cara Menentukan Harga Jual Sparepart Motor

Kita tentu tidak boleh asal-asalan dalam menentukan harga jual spare part motor ini. Banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan supaya kita tidak mengalami kerugian . penentuan haraga tidak bisa dilakuan secara sembarangan atau mungkin secara tebak-tebakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut ini beberapa tips yang dapat kita lakukan dalam menentukan harga jual spare part motor. Yuk simak.

1. Mengidentifikasi Sparepart Apa Yang Ingin Dijual

Hal yang paling utama yang harus dilakukan adalah melakukan pemeriksaan tentang bagaimana kondisi spare part yang akan di jual. Apakah spare part tersebut memiliki kualitas yang biasa saja atau memang memiliki kualitas yang baik.

Setelah kita mengetahui kondisi barang yang akan kita jual tentu akan mempermudah kita dalam menentukan harga.

2. Menentukan Berdasarkan Biaya

Tips ini merupakan tips yang paling banyak diterapkan karena mudah dan lebih sesuai. Caranya adalah dengan menghitung pengeluaran biaya saat pertama kali membeli produk tersebut, kemudian ditambah dengan jumlah keuntungan yang ingin di dapat.

PK = M X P / 100

rumus menghitung harga spare part

PK = pengambilan keuntungan dalam bentuk rupiah

M = Modal

P =  Persentase yang diinginkan

3. Harga Jual Sparepart Motor Berdasarkan Tujuan Khusus

Harga ini dibuat dengan mempertimbangkan beberapa hal. Hal tersebut bisa jadi menjadi alasan mengapa ingin menjual produk tersebut.

harga yang satu ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti mengapa ingin menjual spare part dengan harga yang sebelumnya sudah ditentukan. Adanya `pengaruh “tujuan khusus” tersebut tentu akan mempengaruhi seberapa besar jumlah harga yang akan di patok.

4. Menentukan Harga Jual erdasarkan Hasil Kompetisi

Tips ini dapat dilakukan dengan melakukan riset terlebih dahulu terhadap pasar penjualan. Jika semakin tinggi tinggkat persaingan untuk mendapatkan barang tersebut, maka kita dapat membuat harga yang tinggi dengankeuntungan yang besar dan sebaliknya. Jika hasil riset pasar menunjukan hal yg bertentangan, maka kita hanya dapat memasang tarif harga yang rendah keuntungan yang sedikit.

5. Menentukan Harga Jual Berdasarkan Biaya Tambahan Berdasarkan Biaya Operasional nya

Biaya operasional tidak boleh dilupakan pada tips yang satu ini. Biaya ini akan menjadi penentu seberapa tinggi keuntungan yang akan kita pasang dalam penjualan barang ini.

Biaya operasional ini biasanya berbentuk biaya administrasi, ongkos perjalanan, biaya pengiriman dan biaya lainnya.

6. Mengetahui rumus perhitungan

Segala sesuatu nya harus diperhitungkan, termaksud dalam menentukan harga untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Tentu, perhitungan ini harus di dasarkan dengan hal yang logika serta masuk akal.

Rumus : perhitungan bahan baku modal + (bahan baku modal X markup)

Kemudian kita harus memperhatikan rentang atau margin dari penentuan harga jual ini. Margin sendiri merupakan hasil dari harga jual dikurangi harga modal, lalu dibagi dengan harga jual.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa teman-teman pertimbangkan dalam mentukan harga sparepart motor yang akan kalian jual. Ingat, semuanya perlu diperhitungkan dengan baik dan benar untuk meraup keuntungan yang sebanyak-banyak nya. 

Posting Komentar

0 Komentar