Ticker

6/recent/ticker-posts

Penyebab Motor Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki

Penyebab Motor Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki

Halo sahabat otomotif…Pada kesempatan kali ini kita akan membahasan mengenai aki, salah satu komponen penting dalam sebuah mesin kendaraan.

Nah buat teman-teman yang masih merasa asing dengan aki, aki merupakan sejenis baterai yang bersifat generik. 

Aki memegang peran yang cukup penting bagi kendaraan. Fungsi aki adalah sebagai wadah tempat menyimpan daya listrik yang didapat dari spull dan diatur oleh kiprok.

Fungsi dari aki tidak hanya sebagai wadah penyimpanan daya listrik, aki juga memiliki fungsi untuk memberikan daya listrik dc atau searah pada komponen-komponen yang membutuhkannya, seperti lampu, klakson, starter elektrik, dan komponen lainnya yang membutuhkan daya listrik.

Pada saat ini, teknologi telah berkembang pesat, sehingga membuat begitu banyak kemajuaan serta perkembangan disegala bidang, khusus nya pada mesin sepeda motor.

Kebanyakan mesin motor sekarang sudah mengalami perkembangan yang pesat dan mengalami banyak perubahan. Perubahan tersebut dapat dilihat dari poly fitur kelistrikan yang sangat bergantung pada aki motor.

Selain fitur kelistrikannya yang bergantung pada aki, sistem menghidupkan mesin ini juga sudah mengalami perkembangan dan kemajuan.

Saat ini sistem menghidupkan mesin motor sudah menggunakan sistem pengapian dc, dimana sistem ini dapat digunakan dengan batuan aki motor.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui seberapa besar peran aki motor, bukan? Motor tidak dapat beroperasi tanpa menggunakan aki.

Sekarang ini kita akan membahas mengapa motor tidak bisa hidup tanpa aki. Langsung simak ya.

Penyebab Motor Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki

1. Pengapian Full Dc

Untuk penyebab yang pertama adalah sistem pengapian yang menerapkan full dc, yaitu sistem pengapian yang memerlukan aliran daya listri 1 arah.

Salah satu karakteristik dari penggunaan sistem pengapian full dc yaitu, dengan menggunakan ecu atau cdi yang berarus ac.

Bukan hanya itu, pada umum nya mesin motor yang sanggup dinyalakan oleh aki adalah motor yang tidak dilengkapi dengan kondensor atau kapasitor.

Jika teman-teman memiliki jenis motor keluaran terbaru, dalam kurun waktu minimal 2-3 tahun belakangan ini, makan motor kalian masuk kedalam jenis motor yang tidak dapat beroperasi tanpa bantuan aki. Hal ini disebabkan karena kebanyakan motor sekarang sudah menggunakan injeksi majemuk fitur kelistrikan.

Jika sistem perapiannya menggunakan sistem dc, maka kita memerlukan aki dengan tegangan dengan kapasitas minimal 5 volt. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, kita memerlukan aki motor yang mencapain tegangan hingga mencapai 12 volt sehingga dapat menjadi indikasi aki pada kedaan normal.

2. Spull Atau Alternator Rusak

Dalam hal ini, teman-teman harus memperhatikan jenis motor kalian. Motor yang dapat hidup tanpa aki (perapian sistem ac) tidak dianjurkan mengadopsi sistem pengapian ini. Jika kalian memiliki motor keluaran tahun lama namun kalian ingin menerapkan sistem pengapian ac, maka besar kemungkinan spull atau alternator motor kalian akan mengalami kerusakan.

Penyebab Motor Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki

Pada umumnya, spull atau alternator akan mengalami kerusakan jika motor dinyalakan tanpa menggunakan aki dalam jangka waktu yang cukup lama. Biasanya spull akan mengalami kerusakan jika kita menerapkan sistem kelistrikan berjenis dc pada sistem perapian ac.

Hal itu disebabkan oleh sistem kelistrikan dc memerlukan aki sebagai tempat untuk menampung daya listrik. Jika aki dicopot dalam waktu yang cukup lama, motor tidak akan memiliki wadah yang dapat digunakaan untuk menampung daya listrik. Jika selalu dinyalakan tanpa aki, maka kemungkinan yang dapat terjadi adalah regulator dan spull akan rusak dan gosong.

3. Busi Rusak

Penyebab Motor Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki


Penyebab selanjutnya motor tidak dapat hidup tanpa aki yakni dapat menyebabkan kerusakan pada busi.

Selanjutnya mungkin ada kerusakan pada sektor non kelistrikan. bisa jadi kerusakan jurtrul ada pada aki yg sudah lama   tidak diganti. Oleh karenanya, pastikan busi masih berfungsi menggunakan baik.

4. Kerusakan Lain nya

Tidak menutup kemungkinan motor yang dipaksa menyala tanpa aki akan menimbulkan kerusakan pada komponen yang lain nya, seperti kerusakan pada ecu, cdi, injector, karbulator, dan hal lainnya yang membuat mesin motor nir menyala.

Jika anda ingin melakukan pengujian, cobalah mencari aki dengan tegangan minimal 6 volt, kemudian nyalakan mesin motor dengan cara diengkol atau kick starter.

Jika sepeda motor milik kalian dapat menyala, maka dapat dipastikan jika terdapat masalah pada aki karena pemasangan aki hukum nya wajib agar ecu/cdi dapat berfungsi dengan baik.

Untuk sebagai masukan, teman-teman juga dapat menerapkan sistem rangkaian kapasitator atau kondensor agar motor yang mengadopsi sistem perapian dc dapat hidup tanpa aki, namun jika dirasa hal ini merupakan hal yang rumit serta memakan banyak waktu, maka kalian boleh menganggatinya saja kedalam jalur kelistrikan dan perapian.

Nah mungkin disini banyak teman-teman yang belum mengetahui tentang harga aki motor. Harga aki motor dapat dibandrol dari kisaran 100rb- 300rb untuk kualitas standart. 

Itu dia pembahasan mengenai “Motor Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, dan teman-teman tidak merasa bingung mengenai aki lahgi. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Posting Komentar

0 Komentar