Ticker

6/recent/ticker-posts

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan saat ini. Motor mempunyai varian yang banyak dan bentuk nya yang praktis membuat peminat kendaraan yang satu ini mengalami peningkatan.

Usia produktif sepeda motor dapat mencapai hingga kurun waktu yang lama, hal itu tergantung pada usia pakai serta bagaimana kita merawat nya.

Sepeda motor dengan usia pakai yang sudah lama biasanya dapat menimbulkan beragam permasalahan, terutama pada perfoma mesinnya.

Masalah paling umum yang biasanya di hadapin yaitu, overheat atau panas yang berlebihan pada mesin.

Overheat atau panas yang berlebih pada mesin merupakan suatu proses peningkatan suhu hingga melewati batas normal pada komponen mesin tersebut. Pada umum nya hal ini dapat terjadi karena disebabkan banyak faktor, mulai dari sirkulasi oli yang kurang baik, kualitas oli yang tidak sesuai dengan karakter mesin hingga hilangnya pendinginan pada mesin motor tersebut.

Overheat dapat terjadi pada mesin begitu saja tanpa dapat diprediksi. Dengan kondisi mesin yang mengalami panas yang berlebihan tentu saja dapat mengganggu kinerja mesin, sehingga mesin tidak dapat bekerja secara maksimal.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja sih pernyebab mesin motor cepat panas? Yuk simak.

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Telat Ganti Oli

Penyebab paling umum mesin motor cepat panas adalah oli motor yang jarang di ganti. Oli mungkin sudah dalam keadaan yang kotor sehingga tidak layak lagi untuk dipakai.

Kondisi oli yang sudah buruk akan menggganggu kinerja mesin, sehingga mesin cepat panas. Maka dari itu teman-teman harus runtin mengganti oli ya.

Untuk pemakaian sekitar 20-50 kilometer sehari, penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap satu setengah bulan. Namun jika jarak tempuh di atas 50 kilometer dalam satu hari, sebaiknya ganti oli motor tiap sebulan sekali saja.

Kipas Pendingin Rusak

Sistem pendingin tidak hanya dimiliki oleh kendaraan mobil saja. Pada sepeda motor juga terdapat sistem pendingin berupa radiator yang memiliki kipas pendingin.

Kipas pendingin akan berputar secara otomasis apabila terjadi peningkatan suhu diatas normal pada mesin motor.

Jika kipas ini mengalami kerusakan dan tidak dapat berputar sebagaimana mestinya, maka dapat menyebabkan mesin menjadi cepat panas.

Penyebab kipas tidak berputar dapat disebabkan karena pendingin yang mati atau rangkaian kabel kipas ada yang putus.

Sensor Suhu Bermasalah

Jika sepeda motor teman-teman merupakan jenis keluar yang terbaru, maka sudah dipastikan kalau motor kalian di lengkapi dengan sensor suhu.

Sensor suhu atau lebih dikenal dengan istilah ETC (Enginge Coolant Temperature) merupakan sensor yang akan mengonfirmasikan secara langsung mengenai kondisi suhu pada sensor ECU dan kemudia sensor ini lah yang akan mendinginkan mesin motor.

Nah, rusak ECU dapat menjadi salah satu pemicu mesin motor cepat panas. Sebaiknya teman-teman melakukan pengecekan ECU secara rutin ya, supaya dapat menghindari permasalah yang mungkin timbul.

Sirkulasi Oli Kurang Baik

Sirkulasi oli yang kurang baik dapat memicu mesin menjadi cepat panas. Oli mesin yang tidak dapat mengalir dengan baik akan mengganggu kinerja mesin. Dan tidak bekerjanya sirkulasi oli mesin tersebut jelas akan menghambah proses pendinginan menjadi terhambat.

Bagi kalian para pecinta otomotif tentu sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Oil Coolant. Dimana komponen tersebut biasanya digunakan pada sepeda motor Suzuki Satria karbu. Yang dimana fungsi dari komponen tersebut hampir sama seperti radiator motor.

Oli Mesin yang Tidak Cocok

Pada umum nya oli mesin sudah  memiliki standar khusus. Standarisasi dibuat bukan lah tanpa alasan yang jelas. Hal itu dibuat untuk membuat mesin motor yang menggunakan oli tersebut dapat meredakan suhu secara cepat.

Penggunaan jenis oli yang tidak tepat dapat semakin memperburuk keadaan mesin yang panas. Maka, perlu bagi kita untuk menggunakan jenis oli yang sudah memenuhi standard atau mungkin merupakan jenis oli yang direkomendasikan. Jika sudah terlanjur salah menggunakan oli, maka sebaikya segara melakukan penggantian oli ya.

Sering Membawa Beban Berat

Tidak hanya jarak tempuh yang dilalui oleh sepeda motor, ternyata beban motor yang melebihi kapasitas yang seharusnya juga dapat memicu mesin menjadi cepat panas.

Beban yang kita bawa menggunakan mesin motor secara otomatis akan membuat beban piston bergerak secara naik dan turun menjadi semakin cepat. Jika hal tersebut terjadi, rpm mesin akan semakin kecil sehingga dapat membuat mesin menjadi semakin panas.

Mesin Bekerja Dalam Waktu yang Lama

Penggunaan sepeda motor dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan mesin menjadi panas.

Contoh nya saja Ketika kita menggunakakan sepeda motor untuk jarak tempuh perjalan yang sangat jauh. Saat itu, mesin akan hidup dalam jangka waktu yang lama sehingga tidak menutup kemungkinan untuk membuat mesin motor kalian panas.

Settingan Bahan Bakarnya Terlalu Irit

Kesalahan lainnya yang dapat memicu panasnya mesin motor adalah kesalahan pada saat mengatur settingan bahan bakar yang terlalu irit. Biasa settingan bahan bakar dapat dilakukan pada bagian karbulator motor kalian

Untuk mengatasi masalah yang satu ini mungkin kalian perlu mengatur sekrup setelah stationer (Udara) yang terdapat pada bagian karburator untuk sedekat mungkin ke arah brebet.

Busi Rusak Atau Tidak Sesuai Rekomendasi

Busi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi panas atau dingin nya sebuaj mesin.

Perlu teman ketahui bahwa ada dua jenis busi, yaitu busi panas dan dingin.

Busi dingin banyak dipakai pada kendaraan motor yang sering dipakai untuk balap, sedangkan busi panas merupakan busi yang sering kita jumpain pada kendaraan sepeda motor pada umumnya.

Kita harus memastikan bahwa kondisi busi motor kita masih dalam keadaan yang bagus dan juga layak pakai. Jika sudah mengalami kerusakan dianjurkan untuk menggantinya saja demi menghindari panas  pada mesin yang berlebihan.

Nah itu dia teman, beberapa hal yang dapat menyebabkan mesin motor cepat panas. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan teman semua ya. Terimakasih sedah mengunjungi blog ini.

Posting Komentar

0 Komentar