Lebih baik pilih Mobil Manual atau Matic ?

 

Ketika pertama kali membeli mobil,baik mobil bekas maupun mobil baru. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dan dijadikan bahan pertimbangan dalam membelinya. Hal tersebut adalah sistem transmisi mobil itu sendiri.

Seperti yang teman teman ketahui, sistem transmisi pada mobil sekarang ini terbagi menjadi dua jenis yaitu sistem transmisi manual dan sistem transmisi otomatis atau sering disebut matic. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah lebih baik pilih mobil matic atau mobil manual ?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, teman-teman harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan kedua jenis mobil ini dan apa kelebihan dan kekurangannya.

Perbedaan mobil matic dan manual

1. Sistem Transmisi

Sistem transmisi adalah sistem yang berfungsi mengatur perpindahan gigi dan percepatan rotasi mesin. Mobil manual menggunakan sistem transmisi manual, biasanya pada mobil umum terdapat enam jenis percepatan. Lima percepatan pertama untuk melaju kedepan, sedangkan yang keenam adalah percepatan untuk mundur.

Sedangkan mobil matic menggunakan transmisi otomatis yang perpindahan giginya dilakukan dengan bantuan alat gearbox.


2. Cara mengoperasikan

Mobil dengan sistem transmisi manual sedikit lebih ribet dalam pengoperasiannya. Karena harus mengkoordinasikan seluruh bagian tubuh dari kaki hingga tangan. Cara pengoperasiannya juga harus saling berkesinambungan antara kaki, pandangan, rasa dan tangan. Kaki kanan untuk menginjak pedal rem dan gas, sementara kaki kiri untuk menginjak pedal koplik. Tangan kiri harus standby dalam memegang setir dan melakukan perpindahan gigi melalui perseneling, sementara tangan kanan terus memegang setir.

Berbeda dengan mobil manual, sistem mobil yang menggunakan transmisi otomatis jauh lebih sederhana. Kaki yang digunakan hanya kaki kanan saja, karena pedal kopling sudah dihilangkan. Kemudian tangan hanya berfokus pada memegang setir saja. Untuk melakukan perpindahan gigi hanya pada saat pertama sebelum menjalankan mobil.  


3. Efisiensi Bahan Bakar

Apabila dilihat dari penggunaan bahan bakar, ternyata mobil matic lebih boros dibandingkan dengan mobil manual. Mengapa mobil matic lebih boros bahan bakar ? Karena penggunaan mesinnya yang lebih berat dan putaran mesin yang tidak bisa diatur. Berbeda dengan mobil manual, desain mesin yang disesuaikan dengan performa mobil kemudian sistem perputaran mesin dapat kita atur sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalanan.

4. Perawatan Mesin

Biaya perawatan mobil transmisi manual tidak terlalu banyak. Salah satu alasannya adalah suku cadang yang tersedia banyak.Mobil matic dengan sistem transmisi otomatis akan memakan lebih banyak biaya perihal perawatan di samping bahan bakar. Wajar saja, suku cadang mobil matic terbilang mahal dan termasuk susah ditemukan.

Setelah mengetahui perbedaan mendasar kedua jenis mobil tersebut, teman-teman juga harus tau kelebihan dan kekurangan masing masing jenis mobil.

Kelebihan mobil manual

1. Akselerasi yang lebih baik

2. Irit bahan bakar

3. Biaya perawatan lebih murah

4. Suku cadangnya mudah didapat

5. Harga beli lebih murah

6. Oli mesin transmisi manual jarang memerlukan pergantian.

Kekurangan mobil manual

 1. Untuk yang sedang belajar akan sangat sulit

2. Pengemudi akan cepat merasa lelah

3. Kurang nyaman dipakai saat kondisi jalan sedang macet

Kelebihan Mobil Matic

1. Pengoperasiannya lebih mudah dan praktis

2. Pengendara tidak mudah lelah

3. Bisa diandalkan di jalanan yang rawan macet

4. Harga jualnya masih tinggi

Kekurangan Mobil Matic

1. Harga beli mahal

2. Akselerasi kurang, terlebih dijalanan menanjak

3. Boros bahan bakar

4. Perawatan mesin yang rumit

5. Oli transmisi mesin harus sering diganti

Pilihan juga bisa tergantung pada fungsi mobil dan medan yang kamu tempuh. Mobil matic lebih cocok untuk kamu yang tinggal di perkotaan dan sering menempuh jalanan yang macet. ika jalanan yang kamu tempuh mendannya lebih berat dan banyak tanjakan, mobil manual lebih tepat jadi pilihan. Pemilihan gigi yang salah saat mengendarai mobil matic di jalan yang banyak tanjakan dan turunan juga bisa membuat mobil jadi cepat rusak. Jadi buat teman-teman, pilih jenis mobil sesuai kebutuhan dan penggunaanya ya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar