Jenis-jenis ban mobil berdasarkan fungsinya

Ban merupakan salah satu part atau komponen dari Mobil atau kendaraan lainnya untuk bergerak sesuai dengan kebutuhan pengemudi dan performa mobil. Ban berbentuk bulat seperti donat dan fungsi bulatan ditengahnya adalah untuk velg mobil yang menjadi tempat ban bersarang.

Banyak sekali kita temukan dijalanan kendaraan yang menggunakan ban-ban yang beragam jenis dan ukurannya. Ada juga yang memodifikasi dengan mengganti ban mobilnya dengan ban yang berukuran besar atau tipis agar terlihat keren.

Ban ban mobil ini sudah di desain sedetail mungkin untuk digunakan sesusai dengan kebutuhan dan performa mobil. Namun masih banyak juga diantara kita yang salah dalam menempatkan posisi ban hanya agar terlihat keren. Teman-teman harus tau apa saja jenis-jenis ban beserta fungsinya agar tidak salah dalam membeli dan mencocokkan ban sesuai dengan mobil teman-teman.

Beberapa tipe ban mobil yang umum beserta fungsinya, berikut penjelasannya :

All Terrain/ AT

Jenis ban ini sering disebut AT atau All Terrain yang merupakan ban yang mampu bekerja dengan baik dijalanan on road maupun off road. Contohnya jenis ban ini sangat cocok digunakan pada mobil jenis Jeep atau dengan mobil yang memiliki spesifikasi  4WD seperti Pajero Sport, Fortuner, Rubicon, Land Cruiser dan lain sebagainya yang sejenis dengan mobil-mobil SUV.

Jenis ban ini akan sangat cocok digunakan di medan semi off road seperti jalan perkebunan, jalan pedesaan dan jalan lainnya enis ban ini akan sangat cocok digunakan di medan semi off road seperti jalan perkebunan, jalan pedesaan dan jalan lainnya yang tidak terlalu ekstrem. Apabila digunakan di medan on road tidak akan menimbulkan suara bising. Namun tidak disarankan untuk memaksakan menggunakan ban ini di medan yang terlalu ektrem karena alur ban ini tidak begitu mencengkeram di medan yang terlalu berat.

Mud Terrain/ MT

Jenis ban ini sering disebut dengan MT atau Mud terrain yang merupakan ban yang mampu bekerja dengan baik khusus dimedan off road. MT memiliki alur dan desain yang dirancang untuk menempuh medan-medan berat misalnya medan berlumpur, berpasir, bebatuan dan jalan yang berair.


Jenis ban ini cocok dipasangkan dengan mobil-mobil jenis off road seperti, Jeep Wrangler, Hardtop dan lainnya. Selain itu MT juga sering disebut dengan mountain terrain karena alurnya yang lebih menonjol. Biasanya digunakan untuk melintasi jalan pegunungan, berpasir dan berlumpur.

Highway Terrain/ HT

Jenis ban ini diprioritaskan untuk digunakan pada medan jalan on road, misalnya aspal. Jenis ban mobil ini biasanya digunakan pada mobil-mobil city car, hatchback, MPV atau sedan. Mobil-mobil ini biasanya digunakan pada jalanan perkotaan. Tapi ada juga beberapa yang menggunakan jenis ban ini pada mobil balap.


Comfort

Jenis ban mobil ini hampir sama dengan jenis ban mobil HT karena sama-sama diprioritaskan digunakan di medan jalan aspal. Jenis ban ini di desain untuk perjalanan yang jauh dan membutuhkan waktu lama untuk sampai ke tempat tujuannya. Tidak seperti HT yang didesain di jalan perkotaan. Contohnya ban ini cocok dipakai keluar kota atau perjalanan jauh untuk berwisata, karena daya cengkram ban ini lebih kuat karena dibuat dari bahan karet tebal dengan alur yang lebih rapat dan lebih tahan panas. Sehingga daya tahan ban ini lebih kuat dan usia pakainya juga jadi lebih lama.

Performance

Jenis ban ini memiliki karakteristik yang dapat membuat mobil lebih stabil. Oleh sebab itu jenis ban mobil ini banyak digunakan pada mobil balap. Alur ban Performance ini memiliki alur yang lebih sedikit dari jenis ban yang lainnya. Sehingga lebih cocok digunakan pada mobil balap dengan trek aspal kering. Tidak disarankan untuk menggunakan mobil dengan jenis ban ini pada saat hujan, dikarenakan akan membuat mobil tidak stabil karena alurnya yang sedikit mengakibatkan licin dan berbahaya untuk keselamatan pengemudi.


ECO

Eco, seperti namanya biasanya juga bisa kita temukan di speedometer mobil atau sepeda motor sekarang ini gunanya mengatur penggunaan bahan bakar kendaraan menjadi lebih efisien. Begitu juga dengan jenis ban ini, di desain agar meningkatkan performance mobil sesuai dengan kebutuhannya sehingga penggunaan bahan bakar lebih efisien. Perlu teman-teman ketahui, menggunakan ban yang salah juga bisa membuat bahan bakar menjadi boros.



Ban ini dibuat dengan menggunakan bahan yang terbuat dari silika. Yang mengakibatkan daya cengkraman ban ini menjadi lebih kuat pada medan jalan. Lapisan silika ini juga membuat rolling resistance menjadi lebih sedikit.

Spare Tire

Yang terakhir ini juga merupakan jenis ban berdasarkan fungsinya, yaitu Spare tire atau ban cadangan. Ban serem ini memiliki dua jenis, yaitu temporary space saver dan full size. Temporary space saver adalah ban khusus dengan velg yang berbeda. Ban ini hanya diperbolehkan melaju dengan kecepatan sedang, yaitu maksimal 50 km/jam. Sedangkan jenis kedua adalah ban dengan velg yang sama dengan bawaan mobil.

Jadi, sudah tahu apa saja jenis ban mobil, bukan? Gunakan sesuai dengan fungsi dan sesuaikan dengan jenis mobil teman-teman ya. Jangan sampai salah ban. Selain berbahaya, menggunakan ban yang tidak sesuai juga bisa bikin boros bahan bakar.

Posting Komentar

0 Komentar