Perbedaan mesin diesel dengan mesin bensin pada kendaraan roda empat

 


Mesin mobil yang menggunakan bahan bakar bensin dan mesin mobil dengan bahan bakar diesel merupakan dua jenis mesin yang berbeda. Walaupun sekarang ini mobil dengan mesin bensin masih lebih banyak digunakan dibandingkan mobil dengan mesin diesel.

Tetapi, teman-teman tetap harus mengetahui perbedaan mobil yang memakai bensin dan mobil yang memiliki mesin diesel. Keduanya bisa Teman-teman bandingkan satu sama lain, terutama bagi teman-teman yang akan membeli mobil baru.  Mesin bensin dan mesin diesel memiliki perbedaan. Teman-teman harus tahu lebih dulu perbedaannya sebagai pertimbangan sebelum memutuskan membeli sebuah mobil. Berikut penjelasan mengenai perbedaan mesin diesel dan mesin bensin pada kendaraan roda empat :

1.  Penggunaan Bahan Bakar

Salah satu perbedaan yang sangat mendasar pada kedua mesin ini adalah penggunaan bahan bakar. Bahan bakar adalah salah satu komponen penting untuk proses pembakaran pada mesin. Sesuai dengan namanya mobil dengan mesin diesel menggunakan solar sebagai bahan bakarnya. Sementara mobil dengan mesin bensin menggunakan bensin (gasoline) sebagai bahan bakarnya.

Pada mobil dengan mesin diesel, udara akan dikompresi terlebih dahulu hingga memanas. Saat udara sudah panas karena proses kompresi, bahan bakar akan disuntikkan ke dalam sehingga menghasilkan pembakaran yang memicu mesin menyala. Sementara itu, pada mobil dengan mesin bensin, bahan bakar akan dicampur dengan udara lalu dikompresi dengan piston dan dinyalakan oleh percikan api dari busi.

2. Performa Mesin

Perbedaan antara kedua mesin ini bisa dilihat dari performanya. Performa mobil dengan penggunaan mesin diesel biasanya lebih diacungi jempol karena diaggap tangguh dan bandel karena biasa dipakai pada kendaraan muatan seperti truk dan bus. Sementara mobil yang menggunakan mesin bensin biasanya hanya terdapat pada mobil-mobil pribadi atau minibus.

Bukan berarti mobil dengan mesin bensin tidak lebih diunggulkan. Masing masing kedua mesin ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Terkait performa, mobil dengan mesin bensin cendering lebih unggul dalam hal akselerasi dan lebih rensponsif. Berdasarkan keunggulan performa tersebut, teman-teman bisa memilih kendaraan seusai dengan kebutuhan.


3. Kebutuhan Bahan Bakar

Jumlah kebutuhan bahan bakar antara mesin diesel dengan bensin pun berbeda. Mesin diesel terkenal dengan penggunaan bahan bakar yang sangat efisien dan awet. Hanya sedikit saja solar yang dibutuhkan oleh mesin untuk menghasilkan tenaga maksimal.

Sebaliknya, mobil mesin bensin butuh lebih banyak bahan bakar untuk jarak jauh. Karenanya, kalau teman-teman sering menempuh perjalanan jauh setiap harinya, lebih baik pilih mesin dengan kebutuhan bahan bakar minim.

4. Perawatan Mesin

Perbedaan berikutnya antara mesin diesel dan mesin bensin adalah hal perawatan mesin. Setiap keunggulan pasti dibarengi dengan keterbatasan.  Kalau tadi mesin diesel lebih diunggulkan dalam hal performa, maka dalam hal perawatan maka mobil dengan mesin bensin lebih diunggulkan.

Meski dalam hal performa mesin yg menggunakan diesel lebih diunggulkan karena tangguh dan sangat kuat, tapi memiliki keterbatasan dalam hal perawatan mesin. Diperlukan perawatan yang ekstra untuk membersihkan komponen-komponen dalam mesin, terutama di area pembakaran yang sangat kompleks dan cepat kotor.

Sementara pada mesin bensin tidak diperlukan perawatan ekstra pada mesin dikarenakan komponen-kompone pada mesin mudah dibersihkan dan ruang pembakaran pada mesin yang lebih sederhana. Tetapi tetap disarankan untuk mengecek mesin secara berkala pada mesin bensin, dan melakukan perawatan yang ekstra pada mesin diesel.

5. Keamanan

Mesin diesel yang dibenamkan dalam mobil Toyota sekarang ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih yang membuat sistem kelistrikannya memadai. Hasilnya, mobil bermesin diesel lebih aman dipakai menerjang banjir. Meski begitu, teman-teman tetap harus berhati-hati saat terpaksa harus menerjang banjir. Gunakan kecepatan rendah dan pasang gigi satu atau transmisi D1 untuk mobil otomatis.

Sebaliknya, mesin bensin memiliki komponen kelistrikan yang cukup kompleks dan banyak. Belum lagi tambahan busi, ECU, dan aki yang membuatnya berbahaya apabila dipakai menerjang banjir. Risikonya mulai dari korsleting hingga terbakar. Meski begitu, keunggulan mesin bensin adalah ramah lingkungan. Mesin bensin tidak akan mengeluarkan asap hitam pekat ketika dipacu di jalan layaknya mesin diesel.

Demikian informasi mengenai perbedaan mesin bensin dan mesin diesel. Pertimbangan mana yang lebih baik dan unggul, kembali lagi pada kebutuhan dan kebiasaan berkendara teman-teman.

Posting Komentar

0 Komentar