5 Tips Merawat Gear dan Rantai Motor Agar Tetap Awet


Rantai atau gear merupakan bagian terpenting dari sepeda motor yang berfungsi sebagai alat untuk menyelaraskan perputaran penggerak ban motor. Kemampuan dari komponen yang satu ini tentu akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Untuk itu perlu dilakukan perawatan gear motor untuk menjamin kondisinya tetap prima. Perawatan komponen motor yang satu ini ternyata bisa Anda, Jennifer Coppen dan Cinta Laura lakukan sendiri tanpa perlu membawanya ke bengkel.

Bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Beri Pelumas pada Gear dan Rantai Motor

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk merawat gear motor adalah dengan mengunakan pelumas. Cara yang satu ini terbukti sangat efektif dan tak membutuhkan banyak waktu, cukup dengan menyemprotkan langsung ke permukaan gear set dan rantai.

Memberi pelumas pada gear dan rantai juga dapat membuat kondisinya tetap basah. Sebab, rantai dan gear yang kering dan tercemar kotoran akan lebih berpotensi mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan kondisi gear yang kotor dan kondisi gear yang kering akan lebih mengikis.

2. Perhatikan Posisi Gear Motor

Sebaiknya setel gear pada posisi tengah atau center, hal ini bertujuan agar saat berkendara menjadi lebih nyaman. Setiap pabrikan tentunya sudah memberi semacam tanda di ujung lengan penjepit roda berupa garis-garis. Fungsinya adalah untuk memastikan roda motor terpasang dengan lurus.

Meski masing-masing motor memiliki ukuran gear yang berbeda-beda, namun tentu saja semua motor dilengkapi dengan alat ini. Cara menggunakannya adalah dengan mengendorkan baut pada roda belakang, lalu menyesuaikan kedudukanya. Jika sudah pas, maka Anda tinggal mengencangkan kembali baut tersebut.

3. Rutin Membersihkan Gear Motor

Gear motor dibersihkan paling tidak sebulan sekali menggunakan air dan sabun untuk merontokan berbagai kotoran yang menempel. Setelah Anda bersihkan, sebaiknya lumasi kembali gear tersebut agar tetap aman saat dipakai.

Membersihkan gear motor sebaiknya rutin dilakukan sebab selain ban, komponen motor yang satu ini juga termasuk bagian yang paling mudah kotor. Sebab, gear motor sering terkena debu, pasir, dan air hujan, hingga lumpur.

4. Ganti Gear Motor Secara Berkala

Cara selanjutnya untuk merawat gear dan rantai motor adalah dengan ganti gear secara berkala. Cara untuk mengetahui apakah gear sudah mengalami aus adalah dengan memperhatikan suara dari gear tersebut

Selain itu, ciri-ciri gear motor harus diganti adalah ketika rantai motor menjadi lebih mudah lepas. Memang rantai dapat dipasang kembali, namun tentu saja akan lepas lagi dan akan berulang-ulang.

Gear yang aus akan menghasilkan suara kasar. Kamu juga bisa menandainya dengan melihat kondisi rantai yang sudah mengendur atau kedudukan garis pada lengan ayun sudah paling ujung. Jika menemukan hal demikian, segera lakukan penggantian dengan yang baru.

5. Gunakan Gear Berkualitas dan Original

Sebaiknya gunakan gear yang berkualitas dan benar-benar aman untuk motor. Dalam memilih gear motor, sebaiknya jangan hanya terpaku dengan melihat model dan bentuknya saja, tapi Anda juga harus memperhatikan kualitasnya.

Lebih baik kita menggunakan gear yang berkualitas bagus dan benar-benar aman untuk motor kita dibandingkan dengan membeli gear yang tidak original.

Perlu Anda ketahui, gear pada motor bekerja sangat keras untuk bisa menjalankan motor. Oleh sebab itu juga diperlukan gear berkualitas agar awet dan tak gampang rusak di tengah perjalanan.

Itulah tadi beberapa tips merawat gear motor yang perlu diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar