Cara Mudah Merawat Kaca Film Mobil


Kaca film mobil adalah bagian mobil yang tentunya memerlukan perawatan. Hal itu dilakukan agar kondisi kaca tidak buram dan mempengaruhi tampilan mobil dan penglihatan pengemudi.

Seperti yang kita ketahui, banyak orang memilih memasang kaca film pada mobilnya untuk mengurangi paparan matahari langsung ketika berkendara sehari-hari atau sedang berwisata. Contohnya saja seperti Elina Joerg, aktris yang juga memasang kaca film pada mobilnya

Lantas, bagaimana cara merawat kaca film mobil agar tetap awet? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Jaga Kebersihan Kaca Film

Kaca mobil merupakan bagian yang cukup luas dan sangat mudah kotor, mulai dari debu yang menempel, air hujan, dan cipratan air dari kendaraan lain yang tentunya dapat meninggalkan noda kotoran.

Jika hal itu dibiarkan, maka akan sulit untuk dibersihkan. Oleh sebab itu, segera bersihkan kaca mobil setelah menggunakannya. Jangan biarkan kaca mobil berdebu dalam waktu lama karena akan mengurangi keawetan kaca film.

Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan lap basah untuk menghilangkan noda di kaca dan menghindari adanya goresan.

2. Bersihkan Kaca Film dengan Bahan yang Direkomendasikan

Cara selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan bahan pembersih yang mengandung amoniak atau alkohol. Kamu bisa membersihkan kaca cukup dengan air biasa atau dengan cairan pembersih khusus.

Perlu diingat, sembarangan memilih cairan pembersih justru akan merusak struktur kaca film.

3. Gunakan Kain Lembut saat Membersihkan Kaca Film

Selain cairan pembersih khusus, membersihkan kaca mobil juga harus dengan kain berbahan lembut, seperti chamois atau mikrofiber. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya goresan pada kaca.

Jika Anda menggunakan lap kasar, dikhawatirkan akan menimbulkan goresan pada kaca mobil. hindari juga menggunakan lap kotor, sebab kotoran yang ada pada lap justru akan menimbulkan goresan.

4. Langsung Keringkan Setelah Basah

Kaca mobil yang basah karena hujan atau setelah dicuci biasanya lebih mudah terkena jamur. Inilah yang menjadi alasan mengapa Anda harus mengeringkan kaca mobil sesegera mungkin.

Jika sudah terlanjur berjamur, maka Anda dapat emnggunakan cairan pembersih kaca khusus untuk memoles bagian tersebut. Walaupun hasilnya sangat memuaskan, namun penggunaan cairan pembersih kaca tidak disarankan untuk digunakan terlalu sering karena bisa membuat lapisan permukaan kaca semakin menipis.

5. Rutin Periksa Kondisi Karet Wiper

Goresan pada kaca mobil juga dpaat disebabkan oleh gerakan wiper, khususnya ketika kondisi karet sudah mengeras. Maka dari itu, penting untuk Anda  rutin memeriksa kondisi karet wiper.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggerakkan karet wiper untuk menguji kelenturannya. Jika dirasa sudah keras, maka sebaiknya segera lakukan penggantian dengan yang baru. umumnya karet wiper wajib diganti setiap setahun sekali untuk mencegah goresan permanen terjadi pada kaca.

Itulah tadi lima tips merawat kaca film mobil yang wajib diketahui agar masa pakainya lebih awet. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar