Penyebab Knalpot Sepeda Motor Berasap

Teman-teman pasti sering menemui kejadian yang dimana knalpot sepeda motor tiba-tiba mengeluarkan asap ngebul. Berbeda hal-nya dengan motor 2-tak, dalam sistem pembakaran motor 2-tak ini oli samping juga ikut terbakar dan gunanya untuk melumasi piston. Sehingga knalpot sepeda motor 2-tak ini akan menghasilkan asap.

Namun berbeda dengan motor 4-tak ketika mengeluarkan asap. Hal ini sering ditemui tertutama pada saat kendaraan sudah berumur. Ada juga kendaraan yang masih baru tapi sudah mengalami kejadian seperti diatas, yang diakibatkan oleh kurangnya perhatian dan perawatan dari pemilik kendaraan.

Biasanya, knalpot motor mengeluarkan asap ngebul saat digunakan yaitu menandakan mesin kendaraan teman-teman sedang bermasalah di ruang pembakaran. Biasanya penyebab motor berasap seperti itu akibat pembakaran yang menghasilkan banyak sekali emisi. Jika dibiarkan dapat mengganggu lingkungan.

Kepulan asap motor sering kali membuat tidak nyaman, baik bagi diri sendiri maupun pengendara lain. Berikut ini penyebab sepeda motor berasap ngebul dan cara mudah mengatasinya.

1. Menggunakan Oli yang tidak kental

Pada dasarnya setiap mesin memiliki spesifikasi teknis seusai dengan ketentuan dari SAE. Salah satunya adalah teknis pemakaian oli, yang terntunya perlu teman-teman perhatikan. SAE adalah badan internasional yang mengeluarkan standar kekentalan oli. Nah, jika oli yang teman-teman pakai itu terlalu encer maka bisa berbahaya bagi mesin motor.

Oli yang terlalu encer berpotensi memasuki celah kecil pada mesin. Akibat yang tejadi, knalpot sepeda motor mengeluarkan asap putih meski baru melakukan pergantian oli. Oleh sebab itu teman-teman harus cermat dalam memilih oli yang sesuai dengan standar pelumas yang digunakan oleh sepeda motor kalian. 

2. Bagian Ring Piston Aus

Piston merupakan salah satu komponen mesin yang memiliki cincin atau ring. Terdapat dua jenis ring piston, yaitu ring kompresi dan  ring oli. Fungsi utama ring kompresi adalah merapatkan celah piston dan blok silinder agar tidak terjadi kebocoran. Sementara ring oli berfungsi untuk mencegah masuknya oli dari ruang engkol ke ruang bakar. 

Ketika kedua ring tersebut mengalami keausan maka akan terdapat semakin besar celah, akibatnya oli akan masuk dengan mudah kedalam ruang pembakaran. Oli yang masuk kedalam ruang pembakaran akan terbakar dan mengalami emisi yang kemudian dikeluarkan oleh knalpot dalam bentuk asap.

3. Kerusakan pada Seal Klep

Seal klep merupakan komponen yang memisahkan ruang head silinder dan payung klep. Sewaktu-waktu, seal klep bisa pecah sehingga memudahkan oli masuk ke ruang bakar. Akibatnya oli ikut terbakar bersama mesin. Kalau sudah demikian, knalpot motor bisa mengeluarkan asap putih.

Nah, biasanya yang menjadi penyebab seal klep rusak cukup beragam, faktor pemakaian hingga kualitas seal klep yang kurang baik menjadi penyebab seal klep mengalami kerusakan.

4. Blok Silinder sudah usang

Pada bagian bawah mesin sepeda motor terdapat komponen yang biasa disebut dengan blok silinder. Ketika blok silinder sudah usang, oli motor bisa merembes lewat celah bawah ke ruang bakar.

Penyebab knalpot sepeda motor berasap ngebul biasanya juga terjadi karena blok silinder tidak dalam kondisi sempurna. Biasanya kejadian seperti ini terjadi diakibatkan oleh kualitas oli atau pelumas yang buruk.

5. Mau keren dengan Knalpot yang tidak jelas

Teman-teman pasti sering mengganti knalpot standar yang ada pada sepeda motor kalian dengan knalpot racing atau knalpot bolong. Hanya saja knalpot racing bukan tanpa kekurangan.

Komponen gas buang tipe ini menggunakan sistem semprot oli ke knalpot untuk bertahan di suhu yang tinggi. Dampak negatif yang bisa terjadi, oli bercampur dengan sisa pembakaran. Sehingga menghasilkan suhu gas exhaust relatif tinggi. Hal itulah yang menyebabkan kebakaran di bagian dalam knalpot.

Itulah sejumlah penyebab mesin ngebul yang paling sering terjadi pada motor harian. Penurunan fungsi komponen motor karena pemakaian memang tidak bisa dihindari.

Walaupun begitu, teman-teman bisa memperpanjang usia pemakaian motor dengan melakukan perawatan secara benar. Sekarang sudah tahukan apa saja penyebab mesin ngebul dan cara menaganinya.

Posting Komentar

0 Komentar