Jenis-jenis Wiper Mobil beserta Fungsinya

 

Wiper Mobil adalah salah satu bagian dari mobil yang terdapat pada bagian depan kaca mobil dan kaca belakang mobil.

Fungsi Wiper Mobil

Adapun fungsi dari komponen ini adalah untuk membersihkan kaca mobil pada bagian depan dan belakang. Proses pembersihan dilakukan guna membersihkan debu, kotoran, minyak yang terdapat pada kaca mobil.

Tidak semua noda dapat dihilangkan dengan wiper, mobil sekarang sudah dilengkapi washer yang bertugas untuk menyemprotkan cairan pembersih. Setelah disemprot oleh washer, biasanya wiper akan langsung bergerak membersihkan noda dengan lebih optimal.

Jenis-jenis Wiper

Setiap mobil sudah dilengkapi dengan komponen ini, namun perlu teman-teman ketahui terdapat beberapa jenis wiper yang memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Berikut ini jenis-jenis wiper yang disematkan pada mobil.

1. Wiper Konvensial

Komponen ini terdiri dari braket dan karet. Wiper konvensional ini akan sulit ditemukan pada mobil keluaran baru, karena biasa terpasang pada mobil keluaran lama.

2. Wiper Full Frame

Komponen ini biasanya digunakan pada beragam tipe mobil. Wiper ini dilengkapi gagang besi sehingga lebih kuat dan awet. Gagang ini di klaim dapat mendukung kinerja wiper ketika menyapu kotoran pada kaca mobil.

3. Wiper Refill

Sesuai dengan namanya, wiper ini dapat diisi ulang. Pada saat wiper sudah tipis atau rusak, teman-teman hanya perlu mengganti bagian karetnya saja. Namun perlu diperhatikan ukuran karet dengan kerangkanya agar membuat kinerja wiper lebih optimal.

4. Wiper Flat Blad

Wiper ini dilengkapi dengan penyangga kecil di tengahnya. Sebagian besar wiper flat blade terbuat dari karet namun diselipkan besi pipih pada wiper guna memperkuat kinerjanya.

5. Wiper Hibridia

Wiper hibridia merupakan gabungan wiper konvensional dan wiper flat blade. Jenis wiper ini terdiri dari komponen braket dan holder plastik.

6. Wiper Frameless

Tipe dari komponen ini terdiri dari bingkai plastik dengan karet bertekstur lembur. Kelemahannya adalah pada saat karet pada frame sudah tipis, tidak bisa di ganti. Ini karena karet ini tidak bias diisi ulang. Untuk itu penggunaan wiper frameless memerlukan budget lebih.


Komponen Wiper Mobil

Wiper mobil terdiri dari beberapa komponen. Masing masing komponen ini memiliki tugasnya masing-masing guna mengoptimalkan kinerja wiper. Adapun komponen-komponen yang terdapat pada wiper mobil yaitu motor wiper, wiper link, wiper arm, dan terakhir wiper blade.


Cara Kerja Wiper Mobil

Wiper mobil akan bekerja ketika pengemudi mengaktifkannya atau pada saat pengendara mengaktifkan washer. Biasanya terdapat pada tuas sebelah kiri dibelakan steer. Tuas tersebut mengatur pergerakan dari komponen ini. Terdapat tiga percepatan pada gerakan wiper yaitu lambat, sedang, cepat.

Masing masing percepatan memiliki fungsinya masing masing jika diaktifkan. Ketika sedang lambat digunakan pada saat berkendara dengan cuaca hujan gerimis. Ketika mode normal digunakan pada saat hujan biasa. Ketika mengaktifkan mode cepat artinya sedang berkendara dalam cuaca hujan deras atau badai.

Demikianlah penjelasan tentang jenis-jenis wiper mobil beserta dengan fungsinya. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar