Ticker

6/recent/ticker-posts

Tekanan Ban Mobil Avanza

Tekanan Ban Mobil Avanza

Ban merupakan salah satu komponen yang penting bagi semua jenis kendaraan, mulai dari kendaraan beroda empat, roda tiga, hingga kendaraan beroda dua.

Ukuran tekanan angin menjadi salah satu aspek yang perlu teman-teman perhatikan, pasal nya jika tekanan ban mobil melebihi kapasitas yang seharusnya, maka dapat membahayakan.

Tekanan ban mobil memilikan ukuran tekanan angin yang berbeda-beda, tergantung dari jenis mobil itu sendiri.

Contoh nya pada tekanan ban mobil Avanza. Ukuran tekanan ban mobil Avanza akan berbeda dengan mobil sejenis pick up.

Ukuraran tekanan ban pada mobil Avanza yang tidak sesuai dapat menjadi hal yang berbahaya.

Tekanan ban mobil ini harus menjadi salah satu komponen yang teman-teman perlu cek ya sebelum melakukan perjalanan, apalagi perjalanan jarak jauh.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tekanan ban mobil Avanza untuk semua tipe. Yuk langsung disimak.

Tekanan Ban Mobil Avanza

Pada dasarnya ukuran tekanan ban Avanza salah sekitar 33 Psi untuk ban bagian depan dan juga ban belakang. Namun, untuk ban dengan ring 14, ukuran tekanan angin yang dianjurkan adalah 31 Psi untuk ban depan dan 35 Psi untuk ban belakang.

Sebelum teman-teman melakukan pengisian angin pada ban mobil, kalian harus memperhatikan terlebih dahulu ukuran ban mobil Avanza kalian ya, pasalnya mobil Avanza menggunakan ukuran ban yang berbeda. Misalnya tipe E dan G menggunakan ukuran ring 14, sedangkan tipe S dan Avanza Velon menggunakan ban mobil ring 15. 

Mobil Avanza Ring 14

Tekanan Ban Mobil Avanza

Kita sudah mengetahi bahwa ukuran tekanan angin ban mobil Avanza ring 14 adalah 31 Psi (2.1 bar) untuk ban depan dan 35 Psi (2.4 bar) untuk ban belakang. 

Namun, jika kalian sedang dalam keadaan mengangkut beban yang cukup berat, seperti membawa 5-7 penumpang misalnya atau sedang membawa barang dengan bobot yang besar, maka teman-teman dapat menambah tekanan ban mobil.

Tekanannya bisa ditambah menjadi 34 Psi (2.3 bar) untuk ban depan dan 38 Psi (2.6 bar) untuk ban belakang.

Ring 15

Tipe mobil yang satu ini merupakan tipe mobil yang memakai ban dengan ukuran ring ban mencapai 15. 

Untuk tekanan ban mobil jika sedang membawa sekitar 1-2 penumpang saja, kalian cukup menggunakan ukuran tekanan ban standar yaitu 33 Psi (2.3 bar) pada ban depan dan 36 Psi (2.5 bar) pada ban belakang.

Tekanan Ban Mobil Avanza

Namun, jika mobil yangb kalian kendarakan sedang membawa penumpang penuh, maka ukuran tekanan angin nya harus di tambah menjadi 34 Psi (2.3 bar) untuk ban depan dan 38 Psi (2.6 bar) untuk ban belakang. 

Tekanan ban mobil ini akan aman jika dibawa dalam perjalanan yang cukup jauh, misalnya ketika berpergian keluar kota dan harus menggunakan jalur tol

Selain harus mengetahui ukuran tekanan ban pada mobil Avanza yang tepat, kita juga harus tau nih teman-teman, bagaimana sih cara mengetahui tekanan angin ban Avanza? Yuk simak.

Cara Mengetahui Tekanan Angin Ban Avanza

Cara mengetahui tekanan angin pada mobil Avanza cukuplah mudah. Kalian hanya perlu memeriksa stiker yang ditempelkan pada pilar pintu pengemudi.

Dari stiker tersebut dapat dilihat seberapa besar ukuran utuk tekanan standar dan ukuran ban mobil yang dapat digunakan.

Tidak hanya melalui stiker itu saja, kita juga dapat melihat ukuran tekanan angin yang ideal untuk ban mobil kita melalui buku manual yang sudah disertakan ketika pembelian mobil.

Teman-teman dapat melihat nya di bagian bang dan spesifikasinya.

Selain dengan menggunakan kedua cara tersebut, kalian juga dapat menggunakan alat versi digital yang dapat kalian peroleh dari beberapa makerplace online yang tersedia.

Umum nya, alat yang tersedia di marketplace online yaitu alat berupa analog, dimana kamu dapat langsung membaca jarum pada lingkaran yang berisi amngka-angka.

Namun versi digital juga tersedia. Pada alat ini kamu akan dapat melihat langsung angka yang sangat akurat saat kalian mengukur tekanan ban mobil kalian.

Berikut ini urutan yang benar dalam mengukur tekanan ban Avanza.

1. Buka tutup pentil

2. Tusukkan alat ke pentil ban

3. Jika hasilnya berlebih, kurangi dengan cara mengempiskan ban sampai dengan ukuran ideal. Jika hasilnya kurang, maka bisa isi angin di tempat pengisian dengan pengisian yang akurat dan terpercaya.

4. Tutup pentil ban sebelum berkendara.

Nah itu dia teman-teman sekilas pembahasan mengenai Tekanan Ban Mobil Avanza. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Posting Komentar

0 Komentar