Ticker

6/recent/ticker-posts

Jumlah Sumbu Roda Truk

Jumlah Sumbu Roda Truk

Sumbu roda merupakan salah satu komponen penting pada roda, baik itu kendaraan beroda empat maupun kendaraan roda dua.

Untuk sumbu roda pada kendaraan empat seperti truk misalnya memiliki fungsi untuk membawa kapasitas muatan agar dapat membawa muatan secara maksimal.

Sumbu roda pada truk mebawa peranan yang sangat penting. Sumbu ini merupakan sebuah penumpu pada kerangka yang berpusat diantara masing-masing roda.

Sumbu roda ini tidak hanya dimiliki oleh truk, mobil juga mempunyai sumbu roda yang dapat menopang beban dengan jumlah beban maksimal satu armada.

sumbu roda memiliki konfigurasi yang berbeda-beda, tergantung dari jenis truk nya.

Setiap truk memiliki sumbu roda yang berbeda. Biasanya, jika sumbu pada roda semakin banyak, maka kapasitas maksimal yang dimiliki oleh truk tersebut juga akan semakin besar.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jumlah sumbu roda truk. Yuk kita bahas.

Jumlah Sumbu Roda Truk

Pada dasarnya, susunan pada sumbu roda truk dapat dibagi menjadi 3 grup sesuai dengan kapasitas muatannya, seperti :

1. Konfigurasi sumbu roda truk rigid

2. Konfigurasi sumbu roda untuk kepala (tractor head)

3. Konfigurasi sumbu roda untuk truk rigid dan kereta penarik (Truk gandeng)

Pada truk yang mempunyai ukuran yang relatif kecil, hanya terdapat 2 jumlah sumbu dan 4 jumlah roda dengan konfigurasi (2-2) pada dua ban depan dan ban belakang.

Truk Cold Diesel Engkel (CDE)

Jumlah Sumbu Roda Truk

Truk jenis ini hanya memiliki 2 jumlah sumbu dan 4 jumlah rosa sama seperti yang terdapat pada mobil pick up. Namun yang membedakannya keduanya adalah tingkat kapasitas yang dimiliki.

Truk CDE memiliki kubikasi 6 CBM dan kapasitas muatan maksimalnya 2 Ton, kecuali CDE bak dengan volume maksimal 12 CBM.Karena namanya terlalu panjang, Cold Diesel Engkel lebih sering disebut dengan truk engkel. Truk ini memiliki konfigurasi yaitu 2-2.

Truk Cold Diesel Double (CDD)

Nah. Untuk truk yang satu ini mempunyai 2 jumlah sumbu dan 6 jumlah roda. Truk ini lebih dikenal dengan sebutan truk canter atau truk engkel di Indonesia.

Jumlah Sumbu Roda Truk

Truk ini mempunyai kapasitan muatan hingga mencapai 12 CBM dan berat muatan maksimal 4 Ton. Truk engkel dobel ini memiliki konfigurasi ban (2-4) 2 ban depan dengan 4 ban belakang.

Truk Fuso

Truk ini sebenarnya hampir sama dengan truk CDD (non-long), namun yang membedakannya adalah tingkat kapasitasnya. 

Jumlah Sumbu Roda Truk

Kapasitas fuso jauh lebih besar, yakni berkisar 25 CBM dengan berat maksimal 7 Ton. 

Truk fuso ini memiliki kerangka yang lebih panjang dibandingkan truk lainnya, namun memiliki sumbu dan jumlah ban yang sama yaitu memiliki 2 sumbu dan 6 ban dengan konfigurasi truk 2-4.

Truk Trintin

Jumlah Sumbu Roda Truk

Truk trintin mempunyai 2 sumbu depan dan 1 sumbu di belakang dengan konfigurasi 1-1-1 dan juga ada 1-1-2. Truk trintin memang hampir mirip dengan truk tronton, namun biasanya truk trintin memiliki sumbu ditengah agar dapat menahan berat karoseri container yang cukup panjang.

Truk Trinton 

Truk ini merupakan salah satu truk besar yang memiliki 2 roda di depan 2 roda di bagian tengah dan 8 roda di bagian belakang. Trinton memiliki 3 sumbu dengan konfigurasi 1-2-2. 

Jumlah Sumbu Roda Truk

Bentuk truk ini mirip seperti truk gandeng atau trailer, namun ternyata truk ini memiliki satu bagian karoseri yang sama. Jumlah kapasitas beban yang dapat dibawa ban ini mencapai 30 ton. 

Truk Tronton

Tronton merupakan jenis truk yang terdiri dari 3 jumlah sumbu dengan jumlah roda ada 10, konfigurasi rodanya adalah 2 – 4 – 4.

Truk jenis ini mampu nmembawa beban sebanyak 30 kubikasi/CBM dengan berat maksimal hingga 28 Ton. 

Jumlah Sumbu Roda Truk

Tronton jenis ini merupakan salah satu truk yang banyak digemari oleh pelaku bisnis ekspedisi truk karena dapat membawa barang dengan kapasitas yang cukup banyak.

Truk Trailer

Merupakan truk yang mempunyai tingkat kapasitas yang sangat besar. Bayangkan saja, truk ini dapat membawa bebang mulai dari 20 sampai 60 ton.

Jumlah Sumbu Roda Truk

Truk trailer biasanya memiliki 4 sumbu dengan total 12 ban. Truk trailer memiliki konfigurasi 1-2-2-2. Sedangkan truk Trailer 20 feet memiliki jumlah sumbu 4 dan 5. 

Nah itu dia tadi mengenai jumlah sumbu roda truk. Setiap truk memilili jumlah sumbu roda yang berbeda-beda. Semakin banyak sumbu roda maka semakin besar pula kapasitan truk tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar