Tips Menghilangkan Bau Rokok Dalam Mobil


Beberapa pengendara kerap kali merokok sambil berkendara, lantaraan dinilai bisa menghilangkan kantuk. Namun, kebiasaaan itu tentu saja akan meninggalkan bau tak sedap di dalam mobil

Sebab, asap rokok akan menempel hampir di seluruh bagian interior mobil, mulai dari dasbor, jok kursi, dan yang lainnya. Aroma tidak enak ini bukan hanya dirasakan oleh pengemudi, tapi juga seluruh penumpang yang ada di dalam mobil.

Jika dibiarkan begitu saja, tentu akan berbahaya bagi penumpang balita atau penumpang dengan riwayat penyakit pernafasan seperti asma. Namun tak perlu khawatir, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips menghilangkan bau rokok dalam kabin mobil Anda.

Penasaran? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Bersihkan Interior Mobil

Membersihkan interior mobil merupakan hal yang wajib dilakukan, terlebih jika pemiliknya sering merokok saat berkendara. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu atau kotoran hingga ke sela-sela terkecil di kabin mobil. Anda juga bisa memanfaatkan cairan pembersih dasbor.

2. Menggunakan Bahan Alami

Tak banyak orang yang tahu bahwa ternyata bau rokok dalam kabin mobil dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti bubuk kopi, kulit jeruk, the celup, bubuk kayu manis, dan baking soda. Masing-masing bahan alami tersebut mempunyai cara penggunaan yang berbeda-beda tentunya.

Untuk cuka dan bubuk kopi, Anda bisa menaruhnya di kabin mobil yang dibuat dalam piringan atau mangkuk. Selanjutnya untuk teh celup, Anda bisa menggantungkan di lampu spion tengah. Anda juga bisa meletakkan kulit jeruk di beberapa titik pada interior mobil.

Sedangkan untuk baking soda, Anda bisa menaburkannya di karpet depan bawah dasbor, belakang, dan di bawah jok kursi mobil, lalu diamkan untuk beberapa saat lalu bersihkan dengan menggunakan vacum cleaner.

3. Buka Kaca Jendela saat Merokok

Sebaiknya buka jendela mobil saat merokok untuk mencegah bau yang berlebihan di dalam mobil. Dengan demikian, sirkulasi udara dalam mobil akan terus berganti dan asap rokok akan keluar terbawa angin.

4. Perhatikan Sistem Sirkulasi Udara Mobil

Tidak hanya menempel di bagian kabin mobil, bau asap rokok juga bisa masuk ke sistem sirkulasi udara. Cara mengatasinya cukup mudah, Anda dapat meamrkirkan mobil di tempat terbuka yang bebas dari debu.

Kemudian, nyalakan mesin mobil dengan kondisi semua pintu terbuka. Tunggu sekitar 5-10 menit hingga bau rokok benar-benar hilang. Ketika AC mobil dinyalakan, pastikan juga tidak tercium bau rokok.

5. Rutin Membuang Sampah Dalam Mobil

Sebaiknya buang sampah pada mobil setiap harinya, khususnya pengendara yang sering merokok. Setelah semua sampah dibuang, bersihkan interior mobil menggunakan vacuum cleaner dan cairan pembersih khusus.

Jika masih tercium bau tidak sedap, Anda bisa menggunakan penghilang bau berbahan enzim yang cukup banyak dijual di pasaran. Kandungan enzim di dalamnya dijamin ampuh menghilangkan bau rokok dalam kabin mobil.

Itulah tadi lima tips menghilangkan bau rokok dalam mobil yang mungkin bisa Anda coba di rumah. Cara ini juga sering digunakan oleh deretan artis tanah air, seperti Kevin Hillers dan Cinta Laura loh!

Posting Komentar

0 Komentar