5 Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat yang Harus Diketahui


Kebanyakan pengemudi mobil pasti pernah merasakan kondisi kurang nyaman berkendara lantaran tarikan yang terasa berat. Hal ini tentu akan mengurangi tingkat kenyamanan di perjalanan, khususnya ketika menyalip atau melewati jalan menanjak.

Terlebih pada kendaraan roda empat yang menggunakan jenis rem tromol, yang terjadi ialah tarikan mobil yang berat sekalipun Anda tidak menginjak pedal rem. Untuk mengatasinya, kamu harus lebih dulu menyelidiki penyebabnya.

Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Karbon Mengendap di Ruang Pembakaran

Agar performa mesin mobil meningkat, sebaiknya panaskan mesin mobil terlebih dahulu sebelum digunakan. Namun jika dilakukan dalam durasi yang cukup panjang, hal tersebut justru akan membuat endapan karbon di bagian ujung elektroda menebal dan membuat tarikan mobil terasa berat.

Terlebih di kota-kota besar di Indonesia dengan traffic lalu lintas yang cukup padat dan kerap menimbulkan kemacetan. Ketika berada di tengah kemacetan seperti yang kerap dialami oleh aktris Elina Joerg, Naomi Zaskia, dan Cinta Laura, pengemudi tentu akan berkendara pada rpm rendah.

Hal itu justru turut mempertebal endapan karbon di dalam ruang pembakaran mesin dan menjadi salah satu penyebab tarikan mobil berat. Untuk mengatasinya, sesekali kamu perlu berkendara dengan kecepatan tinggi guna menghilangkan endapan karbon tersebut.

2. Kampas Kopling Sudah Aus

Kampas kopling yang sudah menipis dan aus akan menyebabkan cengkraman kurang maksimal kepada flywheel. Akibatnya, fungsi kampas ganda kopling jadi selip dan tarikan mobil terasa berat.

Terkadang juga disertai dengan munculnya gejala lain seperti getaran dari bawah mobil saat sedang berjalan. Jika sudah demikian, sebaiknya ganti plat kopling mobil dengan yang baru jika memang kondisinya sudah menipis.

3. Transmisi Bermasalah

Transmisi merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada mobil. Tapi jika salah satu plat gigi tiba-tiba terhimpit atau malah menempel dengan yang lainnya, maka proses perpindahan gigi akan terhambat.

Akibatnya, posisi gigi bisa tetap bertahan meski kamu sudah mencoba menggantinya. Jika menemukan masalah seperti ini, segera bawa mobil ke bengkel agar ditangani dengan ahlinya.

4. Bearing Roda Terganggu

Bearing roda berfungsi sebagai bantalan roda ke steering knuckle. Fungsi komponen mobil yang satu ini bisa terganggu karena kurangnya pelumasan, sehingga secara otomatis roda menjadi seret dan beban mobil jauh lebih berat.

Jika sudah begini, kamu tentu akan merasa kurang nyaman selama mengemudi dan terkadang juga kan mendengar suara tak lazim ketika mobil berjalan. Karenanya, pastikan pelumasan bearing tetap selalu terjaga.

5. Turbo Vane Macet

Turbo yang ada dalam mesin diesel sangat penting untuk bisa mendongkrak torsi dan power mesin. Terdapat komponen turbo vane dalam sistem kerjanya yang berfungsi untuk menjaga katup untuk mengatur boosting udara dari turbo.

Namun, jika katup ini tertutup secara terus-menerus, aliran udara ke mesin juga pasti tertutup. Akibatnya, mesin tak mampu mencapai RPM maksimal meskipun gas sudah ditekan secara penuh.

Itulah tadi penjelasan tentang penyebab tarikan mobil terasa berat yang harus diketahui oleh para pengguna mobil. Lakukan servis secara berkala untuk memastikan mobil Anda dalam kondisi yang prima. Untuk mengurasi rasa bosan saat menunggu mobil di servis, kamu bisa ditemani dengan alunan lagu Semata Karenamu, Bertahan Terluka, dan masih banyak lagu-lagu hits lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar