Tips Perawatan Vespa Tua Agar Tetap Awet


Apa yang ada dalam benakmu ketika mendengar motor vespa klasik? Skuter yang satu ini tentunya telah berumur alias produk keluaran 1950-1975. Umurnya yang sudah tua membuat vespa kerap mengalami masalah.

 Contohnya saja seperti ancaman mogok di tengah perjalanan hingga onderdil yang susah dicari karena pabrik telah menghentikan produksi. Hal itu membuat sebagian pecinta skuter vespa pun enggan meliriknya untuk dipakai harian.

Padahal, merawat skuter tua tidak sesulit yang dibayangkan. Bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya di abwah ini yuk!

1. Rutin Mengecek Aki

Vespa model Piaggio keluaran tahun 80-an telah menggunakan aki untuk starter saat mesin dinyalakan. Komponen yang satu ini berperan penting pada kelistrikan kendaraan. Setiap kali motor dihidupkan dan arus listrik masuk ke aki dapat menimbulkan reaksi yang mengakibatkan perubahan suhu dan menimbulkan kerak.

Kamu juga harus rutin membersihkan kerak pada aki menggunakan sikat dan air panas. Oleh sebab itu, pembersihan secara berkala menggunakan kuas harus dilakukan agar aki bisa bekerja dengan baik.

Jika Anda akan bepergian dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya lepaskan aki dan simpan di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari.

2. Cek Kondisi Karburator

Seiring dengan lamanya pemakaian, bagian dari vespa usang yang perlu di cek secara berkala adalah karburator. Komponen yang satu ini rawan tersumbat dan kotor sehingga mengakibatkan akselerasi yang tidak sempurna.

Merawat karburator Vespa dapat dilakukan dengan cara mencuci dengan bensin dan menyemprotnya dengan kompresor untuk menghilangkan sumbatan.

3. Bersihkan Tangki dari Kerak

Semakin tua umur sebuah kendaraan, kondisi rangkanya juga akan semakin rapuh. Hal itu bisa dilihat dari timbulnya kerak di bagian tangki. Kerak ini dapat menjadi masalah karena akan menyebabkan penyumbatan dan membuat kinerja Vespa terhambat.

Selain itu, kamu juga sebaiknya menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan tinggi. Tujuannya agar sistem pembakaran pada mesin menjadi ringan dan efisien sehingga tak memberatkan mesin ketika dihidupkan.

4. Service Secara Berkala

Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan servis secara berkala ke bengkel untuk memastikan smeua komponen bekerja dengan baik. Servis rutin diperlukan untuk memastikan kondisi vespa tua Anda tetap prima.

Agar tak bosan menunggu selama motor kamu diservice, kamu bisa bersantai sambil ditemani alunan lagu Semata Karenamu loh. 

5. Rutin Mengganti Oli Samping dan Mesin

Layaknya motor 2-tak pada umumnya, Vespa membutuhkan oli samping untuk menunjang kinerjanya. Sebaiknya pilih oli samping yang berkualitas agar tidak banyak endapan yang berpotensi meninggalkan kerak.

Selain itu, oli mesin juga harus diganti secara rutin agar tidak terlalu keruh sehingga dapat melumasi kinerja komponen di dalam mesin.

Itulah tadi penjelasan tentang cara merawat vespa tua yang wajib diketahui. Skuter klasik ini juga banyak dikoleksi para artis, seperti Elina Joerg dan Cinta Laura loh. Bagaimana, apakah kamu salah satu penggemar motor asal Italia ini?

Posting Komentar

0 Komentar