Manfaat dan Fungsi Stabilizer Rantai Motor

Stabilizer adalah salah satu komponen yang berfungsi membuat komponen kendaraan yang dipasangkan menjadi lebih stabil dan tidak mudah tergoyang.

Perlu diketahui bahwa stabilizer terdiri dari berbagai jenis dan macam, seperti stabilizer stang, stabilizer shock depan, dan terakhir stabilizer rantai motor.

Penggunaan stabilizer pada rantai motor berfungsi untuk membuat rantai motor lebih stabil. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut!

Stabilizer Rantai Motor

Komponen atau aksesoris motor jenis ini merupakan perangkat penting yang harus dipasang pada beberapa jenis motor. Stabilizer pada rantai motor ini bisa ditempatkan pada bagian depan roda gigi belakang.

Bentuknya seperti kotak rantai kecil dengan karet pada bagian tengahnya. Komponen ini biasanya memiliki bantalan roda yang akan menyangga rantai. Roda tersebut akan ikut berputar selaras dengan putaran gear.

Fungsi Stabilizer Motor

Stabilizer atau tensioner rantai motor memiliki fungsi untuk menjaga stabilitas rantai. Jadi fungsi utamanya memang untuk menghindari rantai geser atau terlepas. Berikut beberapa fungsi dari stabilizer rantai motor yang perlu kamu ketahui.

Menjaga Rantai Tetap Pada Jalurnya

Pernahkah kamu berbelok atau menikung dengan rantai yang berbunyi suara “grek/ kreek”? Hal tersebut dikarenakan gir belakang bergesekan dengan bagian tepi rantai, bukan tengah mata rantai. Nah inilah fungsi stabilizer pada motor, apalagi untuk motor trail.

Fungsi ini merupakan salah satu fungsi utama dari dipasangnya stabilizer pada rantai motor. Dengan menggunakan komponen tambahan ini, rantai akan tetap pada jalurnya. Dengan kata lain stabilizer ini berfungsi sebagai stabilizing  dan balancing.

Menekan Posisi Rantai yang kendor

Fungsi penting lainnya adalah dengan menekan posisi rantai kendor pada motor agar tetap stabil ketika berada di jalan. Jika kamumembawa motor ke mekanik untuk mengecek, biasanya akan disarankan untuk mengencangkan rantai kembali setiap 500 km.

Akan tetapi, biasanya belum ada 300km rantai sudah mulai kendor. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan stabilizer rantai. Fungsi pemasangan komponen untuk menutupi kekendoran sementara.

Selain itu, roda nantinya akan membantu menyangga rantai saat bergerak dan mengurangi suara gesekan dengan swing arm.

Mencegah Rantai Lepas

Saat mengendarai motor trail, biasanya ayunan suspensi sangat tinggi sehingga membuat rantainya akan cepat kendor. Apabila rantai dalam keadaan kendor, maka bisa membuat rantai tersebut lepas dari gear.

Meredam Getaran Rantai

Pemasangan tension rantai atau stabilizer untuk motor ini dapat meredam getaran yang terjadi pada rantai.

Suara berisik pada rantai bisa disebabkan karena gesekan rantai dengan gear akibat rantai kendor. Selain itu, biasanya akan bersuara jika pelumasnya kering.

Pembersih Rantai

Hal ini merupakan fungsi dari stabilizer pada rantai motor yang belum banyak diketahui, yaitu membersihkan rantai motor yang kotor terkena lumpur.

Rantai yang penuh lumpur ataupun tanah dan kotoran lain akan menurunkan performa motor. Apalagi untuk jenis motor trail yang biasanya memang medannya kotor.

Manfaat Stabilizer Rantai Motor

Fungsi dari stabilizer rantai motor sudah cukup untuk membuat rantai motor lebih awet karena performa dan kekencangannya yang terjaga. Tidak hanya itu, terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika menggunakan komponen ini antara lain:

Ketegangan Rantai Motor Terjaga

Manfaat pertama yang pasti bisa dirasakan bagi pengendara motor yang menggunakan stabilizer yaitu ketegangan pada rantai motor.

Dengan kondisi rantai yang tetap tegang, maka dapat menjalankan fungsinya dalam menyelaraskan motor dengan kondisi jalan.

Contohnya saja saat kondisi jalan bergelombang, maka rantai akan ikut naik dan turun, menyesuaikan dengan gaya dari shock absorber yang terpasang pada suspensi belakang.

Dengan adanya komponen yang berfungsi sebagai penstabil, maka kondisi rantai akan tetap tegang seperti seharusnya.

Rantai Tetap Kencang

Selanjutnya selain menjaga ketegangan pada rantai, fungsi stabilizer ini bisa menekan rantai ketika kondisi sedang kendur.

Dengan menstabilkan rantai, maka tarikan gear depan yang menuju gear gigi belakang akan kencang, sehingga menambah akselerasi motor ketika berada di jalan rusak.

Getaran Rantai Akan Berkurang

Sudah disebutkan bahwa salah satu fungsi dari stabilizer ini adalah untuk meredam getaran sekaligus suara yang keluar dari rantai.

Suara rantai yang lebih halus menjadi sesuatu yang sangat diidamkan pengendara motor karena memberikan kenyamanan tersendiri saat berkendara.

Kemampuan dalam meredam getaran dan suara ini tidak terlepas dari adanya bantalan karet yang dipasang pada jalur rantai tersebut.

Stabilizer dan bantalan karet saling membantu dalam menstabilkan rantai untuk tetap berjalan pada jalurnya sehingga tidak menimbulkan gesekan dan bunyi.

Gir Tidak Bersuara

Selain rantai yang awet dan tidak bersuara, ternyata stabilizer yang dipasang pada rantai motor juga bisa membuat gir menjadi awet.

Hal ini karena berkurangnya gesekan antara gir dan bagian sisi rantai. Kamu bisa ganti gir lebih jarang, sekitar  6 bulan lebih untuk motor yang digunakan pada medan yang sulit.

Menambah Keren Penampilan Motor

Ini sebenarnya adalah manfaat tambahan yang akan didapatkan dengan memasang stabilizer pada rantai motor.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pilihan model stabilizer yang menarik dan keren. Bahkan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli stabilizer rantai.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai fungsi dan manfaat stabilizer rantai motor yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar