Jenis-jenis Kaca Film beserta Fungsinya pada Mobil

 

Kaca film mobil merupakan salah satu bagian penting yang kita gunakan dalam berkendara, khususnya mengendarai Mobil. Kaca film sangat dibutuhkan demi kenyamanan dan keamanan penggunanya. Terlebih pada saat cuaca panas dan terik.

Banyak pengemudi atau pemilik kendaraan tidak tahu apa sebenarnya fungsi dari kaca film ini. Masih ada saja yang beranggapan bahwa kaca film ini hanya sebagai gaya agar terlihat keren atau agar orang dari luar mobil tidak bisa melihat kondisi dalam mobil.

Tidak ada yang salah dengan anggapan seperti itu, namun teman-teman harus ketahui juga apa saja jenis beserta fungsi dari kaca film ini. Macam-macam kaca film memiliki fungsi seperti pengaman, penolak panas, dan artistik dan lain sebagainya.

Berikut jenis-jenis kaca film pada mobil beserta fungsinya.

1.     Kaca Film VLT

VLT merupakan singkatan dari Visible Light Transmittance yang memiliki fungsi yaitu mampu meneruskan cahaya kedalam kabin mobil. Selama berada di kabin mobil, pengemudi dan penumpangnya dapat melihat jelas keadaan luar. Tetapi orang dari luar akan kesusahan jika ingin melihat ke dalam kabin.

Kaca film ini ditawarkan dalam beberapa tingkat kegelapan. Semakin kecil nilai pesentasenya, tingkat kegelapannya semakin besar.

2.     Kaca Film UVR

UVR merupakan singkatan dari Ultraviolet Rejection yang artinya memiliki fungsi menolak atau menghalau sinar UV dari terik Matahari agar tidak memenuhi kabin mobil. Semakin tinggi persentasenya, semakin besar pula sinar UV yang dapat dicegah.

Kaca film ini selain mencegah kulit pengemudi dan penumpang tidak terbakar, tapi juga membuat jok dan cat dashboard tidak akan mudah pudar karena paparan sinar ultraviolet.



3.     Kaca Film IRR

IRR merupakan singkatan dari Infrared Reflectance. Kaca film ini memiliki fungsi menghalau sinar Infrared dari cahaya matahari agar tidak masuk ke dalam kabin mobil. Semakin besar tingkat persentasenya semakin besar pula penolakan sinar infrared yang diberikan.

4.     Kaca Film TSER

TSER merupakan singkatan dari Solar Energy Rejected, memiliki fungsi yaitu untuk menolak panas dari cahaya matahari. Sehingga membuat suasana kabin dalam mobil terasa lebih sejuk. Semakin tinggi persentase pada kaca film ini, semakin besar pula kaca film ini menolak atau menangkis energy matahari.

5.     Kaca Film Artistik

Kaca film ini sering disebut juga dengan decorative film. Kaca film artistik ini dipasang untuk mendekorasi kaca mobil agar terlihat lebih modis. Tidak hanya modis dari luar tapi modis dari dalam juga.

Jadi sudah paham ya teman-teman, selain memili fungsi tertentu juga tedapat kaca film yang dibuat hanya agar tampilan mobil menjadi lebih modis. Untuk teman-teman yang ingin memasang kaca film pada mobil kalian, disarankan agar memilihnya seusai dengan fungsi dan kebutuhan masing-masing. Jangan hanya untuk terlihat lebih modis, namun membuat tidak nyaman dan dapat menimbulkan risiko terjadinya kecelakaan.

Posting Komentar

0 Komentar