Indikator Kampas Kopling Mobil Sudah Mulai Habis

Kopling mobil merupakan salah satu komponen yang lebih dikenal dengan clutch disc. Komponen ini memiliki bentuk seperti piringan dan sangat penting dalam pemindah daya pada mesin mobil.

Fungsi dari kopling ini adalah membantu mentransfer tenaga dari mesin mobil menuju transmisi mobil. Selain itu komponen ini berfungsi menjadi penunjang agar mobil dapat berjalang dalam kondisi aman dan nyaman bagi pengendara.

Penggunaan clutch disc yang salah dapat mengakibatkan komponen tersebut mangalami keausan dan gosong. Jika dalam kondisi ini, pengendara harus menggantinya terlebih dahulu sebelum menggunakan kendaraan.

Agar kondisi seperti ini tidak terjadi, pengendara harus mengetahui penyebab kampas kopling mobil sudah aus atau sudah mulai habis. Simak selengkapnya.

Akselerasi Lemah

Kondisi ini dapat diidentifikasi ketika pengendara menginjak pedal gas pada saat ingin menggunakan kendaraan. Pedal gas  yagn diinjak tidak membuat mobil langsung melaju cepat tapi menimbulkan suara decitan dan raungan mobil.

Pada kondisi ini bisa dikatakan mobil berhenti namun mesin kendaraan masih hidup. Melemahnya akselerasi dapat menyebabkan kecelakaan dan berbahaya bagi sekitar.

Berbau Gosong

Jika ketika berkendara lalu mencium bau gosong, bisa jadi merupakan sebuah tanda clucth disc yang sudah aus atau mulai habis. Bau yang timbul merupakan bentuk output dari clucth disc yang telah hangus.

Bau gosong yang muncul terjadi karena gesekan clucth disc yang terlalu sering sehingga hangus. Bau ini bisa tercium ketika pengendara menggunakan mobil melintasi jalan tanjakan atau turunan yang curam.

Putaran pada Mesin yang Tinggi

Putaran mesin yang tinggi biasanya dipicu oleh keadaan akselerasi mobil yang melemah serta permukaan pada kampas yang cenderung licin.

Putaran pada mesin yang di luar kondisi normal ini dapat menjadikan suhu mesin kendaraan meningkat secara drastis. Kondisi mobil yang panas akan mengurangi asupan untuk pengendara dan penumpang.

Perpindahan gigi yang keras

Kerasnya permindah gigi ini biasanya terjadi akibat dari meisn transmisi gigi mobil yang terus-terusan berputar. Kondisi ini mengakibatkan kampas kopling mengalami keausan.

Perpindahan gigi yang keras dapat dirasakan meskipan mobil dalam keadaan netral sekalipun. Kondisi tersebut dikarenakan transmisi giginya yang susah terhubung.

Selip Kopling

Selip kopling biasa terjadi pada mobil yang kampas koplingnya sudah tidak bisa digunakan seperti mobil biasanya. Hal ini akan mengganggu pengendara terutama yang tidak familiaar dengan kerusakan ringan pada mobil.

Jarak Injak Pedal Kopling lebih Pendek

Indikasi keausan dan habisnya clucth disc yang satu ini menyebabkan jarak injak pedal kopling yang lebih pendek. Kondisi memendeknya jarak injak pedal clutch disc ini terjadi akibat menipisnya kampas. Biasanya pedal kopling yang pendek dapat diukur karena keberadaannya sangat jauh dari lantai mobil.



Posting Komentar

0 Komentar